get app
inews
Aa Read Next : Risma-Gus Hans Resmikan Posko Pemenangan di Pilgub Jatim 2024

Tiba-Tiba Ingin Ubah Rute Jalan Lingkar Luar Timur, Begini Alasan Terpendam Wali Kota Surabaya

Selasa, 27 Agustus 2024 | 11:30 WIB
header img
Pemkot Surabaya Ingin Ubah Rute Jalan Lingkar Luar Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tengah mempertimbangkan langkah besar untuk memajukan infrastruktur kota dengan mengubah rute proyek Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) atau Outer East Ring Road (OERR). Rute yang semula direncanakan melewati Jalan Middle East Ring Road (MERR) ini, kini diusulkan untuk bergeser ke sisi luar, melewati kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya).

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil untuk menekan biaya pembebasan lahan dan pembangunan JLLT yang diperkirakan mencapai Rp 7 triliun. 

“JLLT akan digeser, tidak lagi melewati tengah kota. Kami akan mengusulkan rute baru ini kepada kementerian agar JLLT melintasi kawasan pantai,” ujar Eri, Senin (26/8/2024).

Namun, rencana ini masih berada pada tahap pembahasan internal dan belum disampaikan secara resmi kepada pemerintah pusat. “Kita sedang mendiskusikan rencana ini sebelum mengajukannya. Kami juga akan menunggu informasi kapan pengerjaan proyek ini bisa dimulai,” tambahnya.

Jika disetujui, proyek JLLT yang memiliki panjang sekitar 16,8 kilometer ini akan melintasi enam kecamatan, yaitu Kenjeran, Bulak, Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, dan Gunung Anyar. Dengan lebar jalan mencapai 60 meter, proyek ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di wilayah timur Surabaya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut