Logo Network
Network

Dalang Ki Sinarto Ceritakan Babad Wanamarta di Kaki Gunung Pawitra

Ali Masduki
.
Minggu, 04 September 2022 | 14:04 WIB
Dalang Ki Sinarto Ceritakan Babad Wanamarta di Kaki Gunung Pawitra
Ki Sinarto membawakan kisah “Babad Wanamarta” dalam pagelaran wayang kulit di UTC, Sabtu (03/9/2022). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki.

MOJOKERTO, iNews.id - Dalang Ki Sinarto menceritakan kisah “Babad Wanamarta” dalam pagelaran wayang kulit di Kaki Gunung Pawitra, Sabtu (03/9/2022)

Ki Sinarto sendiri saat ini juga masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Disbudpar) Provinsi Jawa Timur.

Pagelaran yang dihelat oleh Universitas Surabaya (Ubaya) di Lapangan Parkir Bus Ubaya Training Center, Kampus III Ubaya, Jl. Udayana, Desa Tamiajeng, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun.

 

Cerita wayang “Babad Wanamarta” menggambarkan Indonesia saat berjuang mengusahakan kemerdekaan. 

Lakon ini mengisahkan usaha Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa atau biasa disebut Pandawa dalam mendirikan istana di Hutan Wanamarta. 

Hutan tersebut terkenal sangat angker sehingga mustahil dimasuki siapapun. Pandawa pun harus mengalahkan serangan dari makhluk penunggu hutan. 

Dengan ketekunan, pantang menyerah, serta kesungguhannya, Pandawa akhirnya berhasil mendirikan istana megah yang diberi nama Amarta.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.