get app
inews
Aa Read Next : Drama Panjang Nathan! Sampai Belanda Kembali ke Qatar Perkuat Indonesia U-23, Shin Tae-yong Gembira

Empat Pemain Keturunan Bakal Perkuat Timnas Indonesia ​​​​​​​

Sabtu, 20 November 2021 | 08:54 WIB
header img
Sandy Walsh salah satu pemain yang akan dinaturalisasi PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.(InewsSurabaya/HO/arif)

SURABAYA, iNews.id – Kekuatan Tim Nasional (Timnas) Indonesia bakal bertambah. PSSI bergerak cepat untuk memproses naturalisasi empat pemain keturuan yang telah direkomendasi Shin Tae-yong.

Keempat pemain yang menjadi incaran Sin Tae-yong adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks dan Mees Hilgers. Meski demikian, PSSI tidak mau sembrono dalam menaturalisasi mereka. “Kami harus berhati-hati melakukan hal tersebut (naturalisasi). Yang utama harus ada rekomendasi Shin Thae-yong,” kata Sekjen PSSI, Yunus dari laman resmi PSSI.

Proses naturalisasi diakui tidak gampang karena memerlukan dokumen pelengkap administrasi. Ia mengingatkan kasus Marc Klok, dimana setelah dinaturalisasi ternyata tidak memiliki darah keturunan Indonesia. Imbasnya, Marc Klok tidak bisa mengikuti pertandingan-pertandingan yang dilaksanakan Timnas. “Harus menunggu 5 tahun untuk bisa bertanding dengan Timnas. Kita mengaca pada persoalan itu,” tuturnya.

Keinginan menaturalisasi empat pemain berdarah Indonesia ini sudah mendapat respon dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Kemenpora bisa membantu asalkan empat pemain tersebut mempunyai dokumentasi yang menunjukan bahwa mereka ada darah Indonesianya.

Untuk itu, PSSI menunjuk anggota Komite Eksekutif Hasani Abdulgani agar segera memproses keempat pemain keturunan itu supaya bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).(arif)

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut