get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

LPNU Jatim : Kenaikan Harga BBM Memukul Sektor UMKM

Jum'at, 09 September 2022 | 00:17 WIB
header img
Fauzi Priambodo, Ketua LPNU Jawa Timur. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Kebijakan pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah mengakibatkan naiknya harga BBM. Kenaikan harga BBM ini pun berdampak luas, termasuk sektor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

Kondisi itu diungkapkan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jawa Timur, Fauzi Priambodo. Ia mengungkapkan sejak melandanya pandemi Covid-19 pada dua tahun belakangan ini, pelaku UMKM sudah terpukul.

"Saat covid sudah melandai, sektor UMKM dengan susah payah berusaha untuk survive kembali. Namun, ketika harga BBM naik, kekuatan UMKM tinggal kekuatan terakhir. Sulit hidup kembali tanpa dukungan pemerintah," terang Fauzi, Kamis (08/09/2022).

Fauzi membeberkan pengalamannya sejak 2018 membuat program NUconomics, didalamnya ada pendampingan, pelatihan, marketing, teknologi, digitalisasi dan monitoring serta evaluasi. 

Dalam perjalanan pihaknya melakukan pendampingan UMKM, sebelum covid para pelaku UMKM sudah mengeluhkan pendapatan mereka. Terlebih pasca kenaikan harga BBM.

Padahal lanjut Fauzi, UMKM merupakan pilar ekonomi yang menjadi penopang perekonomian bangsa. Fauzi mengutip data Bank Dunia, hampir 64 persen tenaga kerja diserap UMKM. Sebab, pabrik-pabrik besar telah melaksanakan mesinisasi.

"UMKM punya peran penting pada negara, karena tingginya serapan tenaga kerja di sektor UMKM. Kalau UMKM terpukul, tentu berdampak pada perekonomian nasional," kata kader muda NU ini.

Fauzi menjelaskan BBM bersifat multiplayer effect, dampak ekonominya langsung. Karena itu, seharusnya kebijakan menaikan BBM adalah keputusan paling akhir, setelah subsidi lainnya tidak bisa diambil. Baru, mengambil subsidi BBM.

Fauzi berharap pemerintah menahan diri dulu untuk membangun infrastruktur, seperti jalan tol. Karena dampaknya jangka panjang, dinikmatinya pun jangka panjang. Sedangkan BBM langsung terasa dampaknya.

"Saya berharap tidak ada lagi kebijakan pengurangan subsidi BBM, karena dampaknya langsung dan terasa bagi pelaku UMKM. Saya kira masih ada opsi-opsi lain selain pengurangan atau pencabutan subsidi BBM," pungkas Fauzi.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut