get app
inews
Aa
Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

Gubernur Khofifah Ajak Mahasiswa Dampingi Pelaku UMKM Memasuki Ekosistem Digital

Selasa, 27 September 2022 | 13:48 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa berada ditengah-tengah mahasiswa baru ketika membuka MOX 2022 di UM Surabaya, Senin (26/9/2022). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak mahasiswa mendampingi pelaku UMKM. Yakni mengambil peran untuk melakukan literasi menuju ekosistem digital.

Ajakan itu diutarakan saat memberikan wejangan mengenai pentingnya penguatan sinergi social capital dan intellectual capital kepada 2.035 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS).

"Di lingkungan kampus hari ini, saya ingin menyampaikan tentang pentingnya membangun penguatan  sinergi antara sosial capital dengan intellectual capital," kata Gubernur Khofifah saat pembukaan acara pengenalan lingkungan kampus yang disebut MOX (Mastama, Ordik dan Expo UKM) UMS.

Menurutnya, kedua hal tersebut akan menjadi kekuatan yang luar biasa ketika para mahasiswa dan akademisi kampus merancang dan menghasilkan inovasi. Karena dalam banyak menghasilkan update dari berbagai riset maka intellectual capital menjadi bagian yang sangat penting. 

"Sinergi antara sosial capital dan intellectual capital mudah-mudahan bisa terus memberikan penguatan kita semua khususnya dalam mewujudkan semangat HUT Ke 77 Kemerdekaan RI, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat," tuturnya. 

BACA JUGA :

Hacker Bjorka Bikin Resah, Ribuan Mahasiswa UM Surabaya Surati Presiden Jokowi

Saat ini, kata Khofifah, kekuatan social capital dan intellectual capital yang ada dari lini perguruan tinggi di Jawa Timur luar biasa. Penting menurutnya untuk menyingkronkan kedua hal itu agar inovasi dan riset yang dilakukan bisa memberikan manfaat,  efektivitas dan efisiensi yang maksimal. 

"Khusus inovasi dalam hal pelayanan publik sangat penting bagi pemerintah. Termasuk bagi industri juga menjadi sangat penting. Maka sejak dini, mahasiswa baru harus mendapatkan referensi yang cukup tentang  social capital dan intellectual capital," jelasnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut