get app
inews
Aa Read Next : 10 Korban Ledakan Mako Brimob Membaik dan Boleh Pulang, Begini Kondisinya

Buntut Tragedi Berdarah Kanjuruhan, PMII Desak Kapolda Jatim Dicopot

Selasa, 04 Oktober 2022 | 19:46 WIB
header img
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Foto: Humas Polda Jatim.

Diketahui, Mabes Polri mencopot setidaknya total sepuluh anggota buntut tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan untuk menonaktifkan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/X/KEP./2022 tertanggal 3 Oktober 2022.

Sebagaimana diketahui, laga Persebaya vs Arema FC pada Sabtu 1 Oktober 2022 berakhir ricuh setelah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Dengan alasan untuk membubarkan para suporter yang merangsek masuk lapangan dan dianggap anarkis, aparat kepolisian menembakkan gas air mata. Bukan hanya terjutu pada suporter yang ada di lapangan, gas air mata bahkan terlempar ke tribun penonton. Akibatnya, puluhan ribu penonoton yang tidak tahan berusaha keluar lapangan.

Sejauh ini pemerintah dan kepolisian mencatat tragedi itu telah menyebabkan 125 orang yang merupakan suporter Arema FC atau Aremania tewas. 

Update terakhir pada Senin (3/10), termasuk korban tewas, pemerintah mencatat total ada 455 korban dalam tragedi tersebut.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut