get app
inews
Aa Read Next : Tiga Pesan Strategis Wapres dalam iConASET di Kampus Unusa Surabaya

Wakil Presiden Buka MTQ Nasional, Ini Kemeriahannya

Kamis, 13 Oktober 2022 | 11:29 WIB
header img
Kafilah Jatim hadir dalam pembukaan yakni Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim Gatot Subroto, bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram. Foto iNewsSurabaya/ist

BAJAR, iNews.id - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor resmi membukaan MTQ Nasional XXIX Kalimantan Selatan. Event yang berlangsung di Kiram Park Kabupaten Banjar, Rabu (12/10/2022) malam berjalan sangat meriah. 

Dari Kafilah Jatim hadir dalam pembukaan yakni Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim, Gatot Subroto, bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dan Ketua III Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Jatim, KH Abdul Hamid serta sejumlah perwakilan dari Kafilah Jatim.

MTQ Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 diikuti 1.676 peserta  yang berasal dari 34 provinsi. Jumlah peserta tersebut akan mengikuti 8 cabang lomba. Kedelapan cabang lomba tersebut adalah cabang Seni Baca Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, Syarhil Qur'an, Kaligrafi, Qiraat Al Qur'an, Fahmil Qur'an dan cabang Karya Tulis Al-Qur'an (KTIQ)

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengharapkan, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

"MTQ diharapkan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah," ungkap Ma'ruf Amin  dalam sambutannya pada Pembukaan MTQ Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022.

"Saya optimis, Musabaqah Tilawatil Qur’an dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju," ungkap Wapres.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut