get app
inews
Aa Read Next : Kisah Perjuangan Relawan Prabowo-Gibran, Ditembak Hingga Tak Bisa Berdiri, Kini Minta Keadilan?

Komnas Disabilitas, Lokomotif Perjuangan Hak Penyandang Disabilitas

Kamis, 02 Desember 2021 | 18:14 WIB
header img
Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, pada Rabu (2/12/2021). (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali)

SURABAYA, iNews.id - Presiden Joko Widodo baru saja melantik 7 anggota komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND), periode 2022 – 2026. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, pada Rabu (2/12/2021). 

Ketua LIRA Disability Care, Abdul Majid, mengucapkan syukur dan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada tujuh anggota komisioner yang baru saja dilantik oleh presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah, sekarang para difabel mempunyai kendaraan baru sebagai lokomotif perjuangan untuk mewujudkan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sesuai amanah konstitusi," katanya, Kamis (12/12/2021).

Majid yang juga seorang penyandang disabilitas sensorik/netra itu memaparkan, bahwa pembentukan KOMNAS disabilitas (KND) adalah amanah dari UU nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas”. 

Proses seleksi calon anggota komisioner ini, kata dia, sudah berjalan sejak awal Februari 2021 dengan tahapan yang sudah ditentukan.

"Saya yakin, mereka adalah orang-orang yang terbaik dari ribuan pendaftar calon komisioner, ungkap Majid yang juga sebelumnya mengikuti seleksi calon komisioner KND hingga sampai di tahapan 150 besar.

Menurutnya, pekerjaan KND masih sangat banyak terkait upaya mewujudkan Indonesia yang inklusif pada semua aspek kehidupan di masyarakat. 

"Apalagi dalam suasana pandemi, jadi kita minta KND harus mengambil langkah prioritas dan strategis untuk membuat jarring pengaman kepada para penyandang disabilitas yang terdampak," katanya.
 
Ia berharap, para komisioner segera melakukan konsolidasi dan kolaborasi dengan para organ-organ disabilitas yang selama ini bersuara keras untuk memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas. 

Selain itu, Majid yang baru saja mendorong terbentuknya Federasi Serikat Pekerja Disabilitas Indonesia (FSPDI) bersama Wakil Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), HM Jusuf Rizal pada RAPIMNAS LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) di Solo pada 27 november 2021 itu pun siap menjalin kemitraan yang strategis dan berkelanjutan dengan KND. 

"Semoga KND mampu memberikan kekuatan yang powerful dari pusat untuk mendukung perjuangan kawan-kawan para difabel dan aktivis khususnya di daerah," pungkas Majid. 

Sebelumnya pelantikan keanggotaan KND dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 53/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas. 

Adapun nama-nama para anggota KND yang dilantik adalah:

1. Dante Rigmalia, sebagai Ketua merangkap Anggota
2. Deka Kurniawan, sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota
3. Eka Prastama Widiyanta, sebagai Anggota
4. Kikin Purnawirawan Tarigan Sibero, sebagai Anggota
5. Fatimah Asri Mutmainah, sebagai Anggota
6. Jonna Aman Damanik, sebagai Anggota
7. Rachmita Maun Harahap, sebagai Anggota.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut