get app
inews
Aa Read Next : PTPN I Gelar Pengapalan Perdana Komoditas Karet RSS 1 EUDR ke Amerika

Lampaui Target 2022, Giling Tebu PTPN X Capai 4,46 Juta Ton

Kamis, 27 Oktober 2022 | 15:23 WIB
header img
PTPN X menargetkan tebu digiling sejumlah 4,2 juta ton pada tahun 2022. Foto/Istimewa.

SURABAYA, iNews.idPTPN X pada tahun 2022 menargetkan tebu digiling sejumlah 4,2 juta ton. Hingga 24 Oktober 2022 telah terlampaui sejumlah 4,46 juta ton.

Berdasarkan data tanggal 24 Oktober 2022, luas areal tanam mencapai 52.676 hektare dengan produktivitas mencapai 84,6 ton/hektare dan jumlah produksi gula 307.124 ton.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk melampaui target produksi.

Mulai dari perluasan Tebu Sendiri (TS), Pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD), hingga pemenuhan sarana produksi (saprodi).

Tahun 2022 ini ditargetkan perluasan lahan akan mencapai 422 hektare melalui program Agroforestry dan 535 hektare melalui Kerjasama Usaha dan Sewa Lahan.

“Adanya penambahan lahan TS ini akan meningkatkan jumlah pasok tebu juga ke pabrik gula milik PTPN X,” ujar Tuhu Bangun, Kamis (27/10/2022).

Upaya selanjutnya, lanjut dia, adalah melalui pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD). Yakni dengan cara menambah sarana pendukung tebangan, pemberian program pendukung untuk petani, meningkatkan keterikatan dengan petani melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan penerapan Sistem Pembelian Tebu (SPT) berbasis kualitas. 

Upaya terakhir adalah peningkatan produktivitas tebu dan rendemen melalui pemberian subsidi benih dan introduksi varietas baru di pabrik gula, penjaminan pupuk Tebu Rakyat (TR) melalui Program Makmur bersinergi dengan Petrokimia Gresik, dan memperbaiki manajemen Tebang-Muat-Angkut (TMA). 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut