get app
inews
Aa Read Next : Bermasalah Dengan Nelayan, Proyek Kawasan Pesisir Kenjeran Jadi Gunjingan di DPRD Surabaya

Bakti Kominfo Sosialisasikan Rencana Pembangunan Jaringan Palapa Ring Integrasi

Senin, 31 Oktober 2022 | 16:25 WIB
header img
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate, sosialisasi Proyek Strategis Nasional dan Rapat Koordinasi Palapa Ring di Surabaya, Senin (31/10/2022). Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini sedang melakukan penyiapan Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (“KPBU”) Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Integrasi.

Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Pembangunan Proyek KPBU Palapa Ring Integrasi merupakan kelanjutan dari Proyek Palapa Ring (Eksisting) yang telah beroperasional sejak 2019. Hal itu sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan serta meningkatkan ketahanan dan keutuhan jaringan tulang punggung serat optik nasional. 

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate berharap, dengan adanya Palapa Ring Integrasi dapat meningkatkan pemanfaatan Palapa Ring, dan mempercepat peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) regional.

"Selain itu juga pemberdayaan digital di kawasan baru yang masih belum terlayani jaringan tulang punggung dengan baik (underserved) untuk mengurangi kesenjangan digital, guna mendorong pertumbuhan dan akselerasi ekonomi digital dalam rangka Transformasi Digital Indonesia," terangnya usai sosialisasi Proyek Strategis Nasional dan Rapat Koordinasi Palapa Ring di Surabaya, Senin (31/10/2022). 

Sosialisasi dihadiri Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dimana jalur jaringan Palapa Ring Integrasi akan digelar. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut