get app
inews
Aa Read Next : Bermasalah Dengan Nelayan, Proyek Kawasan Pesisir Kenjeran Jadi Gunjingan di DPRD Surabaya

Bakti Kominfo Sosialisasikan Rencana Pembangunan Jaringan Palapa Ring Integrasi

Senin, 31 Oktober 2022 | 16:25 WIB
header img
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate, sosialisasi Proyek Strategis Nasional dan Rapat Koordinasi Palapa Ring di Surabaya, Senin (31/10/2022). Foto/Istimewa

Palapa Ring Integrasi direncakan akan membangun 11.610 Km yang terdiri dari 8.601 km kabel darat dan 3.009 km kabel laut jaringan serat optik baik kabel darat maupun kabel laut, dan 46 Hops Radio link.
 
Pembangunan Palapa Ring Integrasi diharapkan menarik Operator telekomunikasi untuk memanfaatkannya, karena secara signifikan terjadi penurunan biaya investasi, terbukanya potensi pasar dan kemudahan pembangunan ekosistem digital di daerah tersebut.

"Seperti yang terjadi di negara lain, wilayah USO merupakan wilayah yang secara bisnis tidak feasible. Sehingga dalam pembangunan infrastrukturnya, membutuhkan intervensi pemerintah," kata Anang.

Untuk itu, lanjut Anang, Bakti Kominfo hadir menjawab tantangan tersebut, dimana muaranya adalah melengkapi infrastruktur telekomunikasi dan internet di tanah, mendukung transformasi digital dan menumbuhkan ekonomi digital Indonesia agar masyarakat Indonesia menjadi kian sejahtera secara merata. 

"Tentu ini perlu dukungan semua pihak, utamanya adalah dari Pemerintah Daerah dimana jalur Palapa Ring Integrasi ini akan dibangun, agar pembangunan Proyek Strategis Nasional ini berjalan lancar karena merupakan kerja kita bersama," tutup Anang.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut