get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Kulit Sehat, Kuncinya Tidak Hanya di Skincare, tapi Juga di Air Minum dengan pH Tinggi

Air Minum Tercemar Tinja, Cermati Jenis Sumber Air Minum Berikut

Selasa, 01 November 2022 | 08:54 WIB
header img
Pegiat lingkungan melakukan uji air. Foto/ESN

SURABAYA, iNews.id - Hampir 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah tangga yang diuji di Indonesia itu tercemar limbah tinja. Dilansir dari Unicef.org pada Februari 2022, pencemaran air tersebut turut meningkatkan penyebaran penyakit diare, yang merupakan penyebab utama kematian balita.

Profesor bidang kesehatan lingkungan UNAIR Prof Dr Ririh Yudhastuti drh M Sc menerangkan, setidaknya ada tiga jenis sumber air minum yakni, air olahan PDAM, sumur gali, dan tadah hujan. Yang selanjutnya dalam tulisan ini disesuaikan menjadi air kemasan, air isi ulang, serta air sumur.

Tiga Jenis Sumber Air

Prof Ririh menerangkan sumber air dari sumur galian. Bahwa semakin dalam sumur maka akan semakin terbebas dari kontaminasi tinja.

“Tinja manusia, hewan, ataupun yang lainnya,” katanya.

Kemudian untuk air kemasan bermerk, Prof Ririh menerangkan bahwa usaha air kemasan bermerk berada di tingkat industri. Sehingga ada standar yang harus dipenuhi yaitu Hazard analysis and critical control points (HACCP). 
HACCP adalah bentuk penjamin mutu yang sistematis untuk mengidentifikasi bahaya sekaligus bahan yang terkandung dalam suatu produk.

“Dan biasanya digunakan untuk controlling bahwa industri air minum ini sudah melewati HACCP ini. Oleh karena itu salah satu standar HACCP harus mencantumkan tanggal kadaluarsa,” ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut