get app
inews
Aa Read Next : Heppiii Community Kediri Gelar Ramadhan dengan Aksi Nyata dan Kreatif

Mobil Keliling Adminduk Jalan Lagi, Pemkab Rencanakan Penambahan ​​​​​​​

Selasa, 07 Desember 2021 | 07:33 WIB
header img
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri meningkatan pelayanan kepada masyarakat.(Foto : iNewsSurabaya/bagas)

KEDIRI, iNews.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri meningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dispendukcapil menjemput bola ke desa-desa untuk pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Program pelayanan ini dilakukan dengan menggunakan mobil pelayanan keliling. Sebab selama ini, mobiltersebut berhenti beroperasi selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Sejak akhir November 2021 lalu, sudah dua desa yang dituju, yakni Desa Sekoto, Kecamatan Badas dan Desa Segaran, Kecamatan Wates.

Untuk memperkuat pelayanan keliling yang telah berjalan, Dispendukcapil merencanakan penambahan mobil layanan keliling. Dengan penambahan mobil layanan itu diharapkan akan memudahkan pelayanan kepada warga untuk mengurus dokumen adminduk.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kediri, Wirawan menyampaikan, sejak PPKM mobil pelayanan keliling berhenti. Namun, kini sudah beroperasi lagi untuk jemput bola ke desa-desa demi meningkatkan pelayanan adminduk sebagaimana ditekankan Bupati Hanindhito Himawan Pramono atau Mas Dhito.

"Mobil keliling ini untuk meningkatkan pelayanan ke desa-desa yang letak geografis jauh dari pusat layanan, juga untuk mendekatkan layanan bagi kelompok difabel maupun ODGJ,” katanya.

Muhammad Irfan Nursaids, warga Tugurejo, Kec. Ngasem mengaku senang dengan adanya layanan jemput bola mobil keliling di desanya. Sehingga ia tidak harus mondar-mandir mencari surat pengantar di desa, baru kemudian ke kantor kecamatan untuk mengurus KTP.

“Kami, tidak perlu wira-wiri, cukup di kantor desa langsung jadi. Ini cara praktis yang kita harapkan,” ujarnya.

Hal yang sama dirasakan oleh Yuni, warga Tugurejo menambahkan, dengan aktivitasnya bekerja hari Senin sampai Jumat, begitu mendengar layanan dibuka sampai Sabtu dia pun menyempatkan pulang untuk mengurus KTP dan perubahan KK.

“Kebetulan ini ada mobil keliling, layanan cukup di desa sudah bisa, jadi tidak perlu sampai ke kantor Kecamatan,” ungkapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut