get app
inews
Aa Read Next : Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Begini Cara Prajurit Menart 2 Marinir Tingkatkan Kemahiran Problem Laut

Minggu, 20 November 2022 | 12:51 WIB
header img
Latihan Problem Laut di Pantai Tamban, Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto/Dispen Kormar

SURABAYA, iNews.id - Korps Marinir TNI Angkatan Laut, khususnya prajurit Resimen Artileri 2 Marinir (Menart 2 Mar) dituntut mahir dalam problem laut. Untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, kemahiran dan keterampilan tersebut, segala medan dijajal untuk berlatih.

Salah satu medan yang cukup menantang yakni di Pantai Tamban, Sumber Manjing Wetan - Kabupaten Malang, Jawa Timur. Profesionalisme prajurit "Bhalasangga Danurgraha" Resimen Artileri 2 Marinir yang tergabung dalam Lattap Yonif DPK Pasmar 2 melaksanakan renang laut dan dayung itu diasah. 

"Tujuan latihan  adalah untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, kemahiran dan keterampilan prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut khususnya prajurit Menart 2 Mar dalam melaksanakan problem laut," tegas Komandan Resimen Artileri 2 Marinir Kolonel Mar Gunawan Tri Utomo melalui pengendali Latihan Artileri (Dal Art) Letkol Marinir Daulat Situmorang yang turut dalam latihan bersama prajurit, Sabtu (19/11/2022).

Danyon Roket 2 Mar Letkol Mar Daulat Situmorang menjelaskan, dengan digelarnya latihan problem laut di Pantai Tamban ini diharapkan agar prajurit Korps Marinir Menart 2 Mar terbiasa dengan kondisi medan sebenarnya yang dilaksanakan dilaut.

"Karena akan banyak faktor yang mempengaruhi. Yaitu cuaca, gelombang dan arus laut, untuk itu para prajurit harus mampu menaklukkan gelombang laut dan dapat membaca arus, sehingga kendala tersebut menjadi peluang dan dimanfaatkan dalam meningkatkan profesionalisme prajurit," tuturnya.

Sebelum kegiatan renang dan dayung di laut dimulai, terlebih dahulu seluruh prajurit  jajaran Pasmar 2 yang tergabung pada latihan gelombang pertama melakukan cek suhu tubuh dan detak jantung. Hal itu untuk mengetahui kondisi fisik kesehatan prajurit sebagai bentuk kesiapan dalam mengikuti materi atau problem laut. 

Kemudian dilanjutkan pemanasan dan pemberian briefing oleh pelatih agar pelaksanaan kegiatan problem laut berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut