Kadin Jatim: Penggunaan Teknologi Jadi Keniscayaan Dalam Meningkatkan Industri Gula Nasional

Lukman
.
Kamis, 24 November 2022 | 08:34 WIB
Pameran "Sugarex Indonesia" di Surabaya. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) Adik Dwi Putranto menegaskan bahwa penggunaan teknologi pergulaan sangat penting untuk meningkatkan produksi gula nasional, terlebih dengan melihat kondisi global kurang bagus. 

"Jadi untuk industri gula yang harus dilakukan adalah efisiensi. Kalau efisiensi ya mekanisasi. Ini penting karena di pedesaan, kalau lihat datanya tenaga kerja kebanyakan di sektor pertanian, tetapi semakin lama semakin berkurang dan mahal. Jadi pameran ini sangat bagus dan tepat karena industri gula Jatim paling besar," ujar Adik Dwi Putranto usai membuka pameran "Sugarex Indonesia" di Surabaya, Rabu (23/11/2022).

Besarnya industri pergulaan di Jatim juga bisa dilihat dari banyaknya Pabrik Gula (PG) yang mencapai 29 PG. Selain itu, potensi dan peluang bisnis gula di Indonesia juga cukup besar karena Indonesia masih kekurangan gula, baik konsumsi maupun industri. 

"Produksi gula Indonesia sangat kurang, baik untuk gula konsumsi maupun untuk industri. Oleh karena itu pemerintah mendorong supaya produktifitas petani meningkat baik secara kuantitas dan kualitas dengan berbagai macam teknologi dan penelitian sehingga dapat meningkatkan efektivitas dalam produktivitas dan daya saing," ujar Adik.

Pengembangan berbagai macam teknologi, lanjutnya, sudah mulai dilakukan dalam rantai produksi gula. Pemanfaatan teknologi secara maksimal, diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan gula rumah tangga pada tahun depan.

"Saya meyakini bahwa kunci kesuksesan industri gula di tanah air adalah meningkatkan efektifitas dalam produktivitas dan daya saing. Artinya jika kita melakukan perubahan pengelolaan industri gula yang bersifat teknologi modern, tentu akan meningkatnya pendapatan, meningkatnya produksi gula, serta mengintegrasikan dan menyesuaikan model bisnis di industri gula," lanjut Adik.

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini