get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Gempa Guncang Pantai Selatan Jember, Relawan SAR Semeru Semburat

Senin, 13 Desember 2021 | 17:40 WIB
header img
Foto potongan video ketika tim SAR mundur saat terjadi Gempa Jember, Senin (13/12/2021). (Foto: Mahmud for iNewsSurabaya)

LUMANJANG, iNews.id - Gempa berkekuatan 5,3 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Jember, tepatnya di laut selatan, pada Senin (13/12/2021) pukul 12.46 WIB, terasa hingga Gunung Semeru.

Salah satu relawan, Mahmud, mengungkapkan saat terjadi gempa para relawan langsung berlarian dari lokasi pencarian korban erupsi, terutama yang melakukan SAR di Kampung Renteng.

"Gempa Jember terasa sampai disini, sekitar 5-10 menit. Kita langsung lari," katanya melalui pesan singkat.

Selain diiintruksikan untuk mundur dari proses pencarian korban erupsi Gunung Semeru, para relawan SAR di Lumajang, Jawa Timur juga menghentikan proses pencarian.

"Untuk pencarian masih nunggu kabar dari BMKG. Kawatir ada gempa susulan," ucapnya.

BMKG melalui akun twiternya menyiarkan, Gempa Berkekuatan 5,3 Magnitudo Guncang Pantai Selatan Jember. “Lok: 9.81 LS 113.6 BT (Pusat gempa berada di laut 179 KM Tenggara Jember),” tulis BMKG melalui akun twitter @infoBMKG.

Gempa terjadi pada kedalaman 10 KM di tengah laut, yang bisa dirasakan hingga Kuta Bali, Pacitan, Trenggalek, hingga Lumajang.

“Kedalaman:10 Km Dirasakan (MMI) III Kuta, II Denpasar, II Kuta Utara, II Karangasem, II Pacitan, II Trenggalek, II Lumajang,” lanjut BMKG.

Hingga berita ini turun, belum ada informasi terkait gempa susulan. BMKG juga memastikan jika gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut