get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Gunung Semeru Marah! Erupsi Kedua dalam Sehari Warga Diminta Waspada, Aktivitas Dibatasi

Senin, 01 April 2024 | 04:04 WIB
header img
Gunung Semeru Erupsi Kedua dalam Sehari. Foto iNewsSurabaya/Okezone

LUMAJANG, iNewsSurabaya.id - Gunung Semeru di Jawa Timur kembali memunculkan kemarahan alamnya pada hari Minggu, 31 Maret 2024. PVMBG melaporkan bahwa erupsi kedua dalam sehari itu terjadi sekitar pukul 15:57 WIB, meskipun tinggi kolom abu tidak teramati secara langsung.

PVMBG merekomendasikan langkah-langkah pencegahan kepada warga, termasuk larangan untuk melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan dalam radius 13 km dari puncak erupsi. Masyarakat juga diminta untuk waspada terhadap potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di wilayah sekitar Gunung Semeru.

Ini merupakan erupsi kedua dalam satu hari, setelah kejadian sebelumnya pada pukul 07.37 WIB yang menimbulkan kolom letusan abu vulkanik setinggi sekitar 600 meter di atas puncak, berwarna putih hingga kelabu tebal ke arah barat.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Minggu, 31 Maret 2024, pukul 15:57 WIB. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 108 detik," tulis PVMBG dalam laman resminya.

PVMBG mengeluarkan rekomendasi kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut