get app
inews
Aa Read Next : Rayakan 70 Tahun Diplomasi Indonesia-Finlandia, Nola Learning Center Gelar Acara JOY of LEARNING

Tim Patroli Air Jawa Timur Temukan Bangunan Liar di Sungai Surabaya, Ini Kondisinya

Selasa, 20 Desember 2022 | 11:42 WIB
header img
Tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur mendapatkan bangunan dan sampah domestik di sempadan Kali Surabaya yang bisa mengakibatkan banjir. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.idTim Patroli Air Provinsi Jawa Timur mendapat temuan mengkhawatirkan. Mereka mendapatkan bangunan dan sampah domestik di sempadan Kali Surabaya.

Temuan ini terdeteksi setelah tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur melakukan pengawasan serta mengecek saluran limbah perusahaan, Senin (19/12/2022). Mereka terdiri dari perwakilan  Perum Jasa Tirta I, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur, dan perwakilan masyarakat seperti Konsorsium Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan Garda Lingkungan Provinsi Jawa Timur. 

Tim melakukan penyisiran di sekitar sungai, mereka menemukan sampah domestik yang berserakan dan bangunan liar yang mengganggu aliran sungai. Fakta ini disampaikan Koordinator Garda Lingkungan Jatim, Didik Harimuko yang ikut melakukan patroli.  Ia mengaku snagat prihatin karena setiap bulannya selalu ada saja bangunan liar baru yang ada di sempadan sungai.

"Dari beberapa kali tim patroli air turun, masih belum ada perubahan signifikan dalam hal penanganan bangunan liar dan sampah yang ada di pinggir sungai. Kami, Garda Lingkungan sebagai perwakilan warga masyarakat berharap ada progress yang jelas, seperti edukasi sampah domestik harusnya lebih melibatkan peran dari desa/kelurahan. Kalau masyarakat tidak diedukasi maka tumpukan sampah dipinggir sungai dan bangunan liar akan semakin menumpuk," kata Didik. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut