get app
inews
Aa Read Next : Rayakan 70 Tahun Diplomasi Indonesia-Finlandia, Nola Learning Center Gelar Acara JOY of LEARNING

Tim Patroli Air Jawa Timur Temukan Bangunan Liar di Sungai Surabaya, Ini Kondisinya

Selasa, 20 Desember 2022 | 11:42 WIB
header img
Tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur mendapatkan bangunan dan sampah domestik di sempadan Kali Surabaya yang bisa mengakibatkan banjir. Foto iNewsSurabaya/ist

Ditambahkannya, seperti yang dijumpai Tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur, kalau di wilayah Krikilan  sudah ada sungai yang sempadannya sudah diuruk dengan pecahan tegel atau ubin lantai. Kalau sudah diuruk akan menjadi bantaran dan dimanfaatkan masyarakat untuk bangunan. 

"Kembali, kami berharap ada tindakan nyata Pemerintah meskipun BBWS Brantas sudah melakukan upaya di bantaran wilayah sungai, tetapi di sungai Kali Surabaya ini baik bangunan liar sempadan sungai dan sampah domestik hampir tidak tersentuh," tuturnya. 

Terkait pemeriksaan saluran limbah industri, Tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur hanya melakukan di dua titik perusahaan seperti di PT DYS dan PT MWN, karena kebanyakan saluran outlet limbah industri tertutup tingginya air sungai. "Kondisi ph normal,  tapi unsur COD, BOD dan lainnya menunggu hasil dari Laboratorium DLH Provinsi Jatim," imbuhnya.

Sedangkan, Koordinator Tim Patroli Air Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Konsorsium Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Imam Rochani mengatakan, patroli air kali ini merupakan kedua kali yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut