get app
inews
Aa Read Next : KPU Sumenep Butuh 3.340 Petugas Coklit untuk Pemutakhiran Data Pemilih

Bupati Fauzi Getol Kembangkan Potensi Wisata Sumenep, Ini Alasannya

Minggu, 25 Desember 2022 | 18:22 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendorong sektor pariwisata sebagai cara mengenalkan Sumenep. Foto/MPI

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep perlahan mulai berkembang. Bahkan, Pemkab setempat telah meluncurkan kalender wisata 2023 pada Sabtu (17/12/2022) guna mencapai target 1,1 juta kunjungan wisata pada tahun tersebut.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menceritakan awal alasan dirinya mendorong sektor pariwisata sebagai cara mengenalkan Sumenep.

Menurutnya, pariwisata kedepan bisa menjadi alternatif di tengah kelesuan sektor-sektor lain pasca COVID-19.

Disisi lain, tren minyak dan gas (migas) juga semakin turun. Sehingga, otomatis dana bagi hasil (DBH) migas juga ikut turun.

"Sedangkan sektor pariwisata saya yakin trennya semakin naik. Maka kami buat dengan cara kreatif. Maka wisata Sumenep mulai tumbuh seperti sekarang. Salah satunya kami sudah persiapkan Kalender of Event 2023 sebagai penunjang pariwisata Sumenep kedepan," kata Fauzi, Minggu (25/12/2022).

Dia mengungkapkan, pariwisata di Sumenep berbasis masyarakat dan desa. Untuk itu, pihaknya terus mendorong segala aspek terkait wisata.

Seperti sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, sarana dan prasarana dan lainnya.

"SDM menjadi faktor prioritas untuk dikembangkan melalui pemberian pelatihan. Seperti pelatihan bahasa asing dan penggunaan teknologi digital," ujarnya.

Politikus dari PDIP tersebut mengungkapkan, dengan adanya kalender event wisata, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan, baik lokal maupun internasional terus meningkat.

Terkait penginapan, kata dia, Sumenep sudah sangat siap. Di kabupaten ini sudah banyak tempat penginapan, baik hotel melati maupun hotel berbintang.

"Saat ini di Sumenep juga sedang proses pembangunan hotel bintang empat. Ini menandakan wisata di Sumenep sudah menggeliat," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut