get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Arus Mudik, Pemakaian Pertamax Series Naik hingga 26,3%

Pertamina Tanjung Wangi Tanam 1000 Bibit Cemara di Kaki Gunung Ijen

Jum'at, 30 Desember 2022 | 11:39 WIB
header img
Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Banyuwangi tanam seribu bibit cemara di Kaki Gunung Ijen. Foto: iNewsSurabaya.id/Pool

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Banyuwangi tanam seribu bibit cemara di Kaki Gunung Ijen pada kegiatan “RANA SEWU” (Gerakan Penanaman Seribu) bibit pohon jenis cemara gunung (Casuarina Junghuhniana) bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Banyuwangi dan Himpunan Pemandu Wisata Khusus Wisata Ijen (HPKWI). 

Penanaman bibit cemara ini merupakan aksi nyata untuk melakukan pemulihan lahan di kaki gunung ijen yang pernah terjadi kebakaran lahan sebesar enam ratus hektare. Hal itu juga upaya pemulihan lahan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen.

Kerjasama yang dilakukan Pertamina Integrated Terminal Tanjung Wangi bersama BKSDA Banyuwangi adalah bentuk komitmen keberlanjutan Pertamina dalam merespon isu lingkungan dalam upaya menjaga keanekaragaman hayati yang ditujukan untuk melestarikan kekayaan flora dan fauna di Indonesia. 

Supervisor HSSE mewakili Integrated Terminal Manager Tanjung Wangi, Muhammad Naufal Aditya Fahmi, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam melaksanakan program CSR Pertamina Hijau dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang selaras dengan komitmen keberlanjutan Pertamina dalam merespon isu lingkungan. 

"Sebagaimana kita semua ketahui bahwa pada 2019 lalu, TWA Ijen mengalami Kebakaran Hutan dan dalam pemulihannya membutuhkan penanaman kembali yang sesuai dengan tanaman asli yang hidup di Kaki Gunung Ijen. Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk alam dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar terhadap pentingnya pelestarian lingkungan," terangnya.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BKSDA Banyuwangi, Purwantono menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat memberi manfaat nyata pada ekosistem setempat.

“Saya, mewakili Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur mengapresiasi kegiatan Rana Sewu yang telah dilakukan ini melalui gerakan penanaman seribu pohon jenis cemara gunung (Casuarina Junghuhniana) sebagai bentuk kontribusi nyata PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Tanjung Wangi dalam rangka turut melestarikan kawasan TWA Ijen berikut keanekaragaman hayatinya," kata dia. 

Meskipun baru seribu bibit yang ditanam, diharapkan mampu mendukung program KLHK Folu Net Sink 2030 yang merupakan sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dimana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi. 

Bentuk kegiatannya partisipatif dengan mengikutsertakan masyarakat setempat para pelaku wisata kawah ijen, khususnya yang terhimpun dalam HPKWI (Himpunan Pemandu Wisata Khusus Wisata Ijen). 

"Kami atas nama BBKSDA Jawa Timur menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pertamina atas peranan dan kontribusinya kepada kawasan konservasi TWA Kawah Ijen melalui penanaman pohon jenis cemara gunung," ujarnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut