get app
inews
Aa Read Next : Rumor Panas tentang Alat Kelengkapan Dewan di DPRD Kota Surabaya, Ini Fakta dan Bantahannya

Soekarwo Dinilai Mampu Dongkrak Elektabilitas Partai Golkar

Rabu, 04 Januari 2023 | 10:11 WIB
header img
Soekarwo kini masuk di jajaran kepengurusan Partai Golkar. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo kini masuk di jajaran kepengurusan Partai Golkar. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut, Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo merupakan sosok politikus yang bisa merangkul semua kalangan. 


"Pakde itu birokrat politisi yang tidak mengenal lawan, semua menjadi sahabat dan kawan. Politisi yang tidak hitam putih, dan bisa enjoy dengan semua politisi termasuk lintas partai," kata Surokim, Selasa (3/1/2022).

Menurut pengamatan Surokim, Soekarwo merupakan politisi yang murah hati dan berjiwa besar. Soekarwo juga bisa diterima semua kalangan karena selalu mengayomi. 

"Saya menilai, kepindahan Pakde Karwo ke Golkar tidak mengejutkan. Apalagi, ada menantunya Bayu Airlangga yang sudah pindah dari Demokrat ke Golkar pada medio Mei 2022 lalu," ujarnya.

Surokim meyakini, Soekarwo akan memberi elektoral positif untuk Golkar utamanya di Jatim. Sebab, mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu merupakan tokoh dan mempunyai relasi kuat sebagai patron. 

"Apalagi beliau pernah menjabat sebagai gubernur Jatim dua periode, pasti punya relasi kuasa ciamik untuk peta elektoral di Jatim," jelasnya. 

Surokim juga melihat kepindahan Soekarwo ke Partai Golkar akan memberi efek ke Partai Demokrat. Sebab, mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim itu selama ini identik dengan Demokrat meski sudah keluar sejak 2019 lalu.  

"Demokrat pasti tetap akan kehilangan karena Pakde Karwo sudah identik juga dengan Demokrat Jatim," terangnya. 

Sebelumnya, politisi senior Partai Golkar yang juga anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Hisjam menyampaikan bahwa, Soekarwo ditunjuk sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. 

RH, sapaan karib Ridwan Hisjam mengungkapkan, Soekarwo menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor.2 SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 tanggal 22 November 2022.

Isinya yaitu susunan Dewan Pakar DPP Partai Golkar masa bhakti 2019-2024 hasil perubahan. Yaitu, mengangkat Dr H Soekarwo SH MHum sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar sendiri saat ini adalah Agung Laksono.

"Pakde Karwo (Soekarwo) bukanlah orang baru bagi Golkar. Sejarah panjang memang Pakde Karwo dulunya adalah Golkar. Jangan heran kalau Pakde sekarang kembali ke Golkar," katanya Senin (2/1/2023) malam

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut