get app
inews
Aa Read Next : Komunitas Ulama Kampung Rejo Semut Ireng Klaten Gelar Doa Bersama untuk Bangsa

Lato-Lato, Permainan asal Argentina yang Disukai Anak-Anak hingga Presiden Jokowi, Ini Cara Mainnya

Kamis, 05 Januari 2023 | 15:42 WIB
header img
Presiden RI Joko Widodo juga tertarik untuk mencoba permainan lato-lato bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Permainan lato-lato sedang viral dikalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan Presiden RI Joko Widodo juga tertarik untuk mencobanya bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Permainan lawas ini telah menjadi tren. Di tengah hiruk-pikuk kehadiran games online, permainan lato-lato mampu menggait perhatian anak-anak dan digemari oleh mereka akhir-akhir ini.

Lato-lato adalah permainan yang terbuat dari bahan plastik polimer. Permainan tersebut terdiri dari dua bandulan pendulum yang disambungkan oleh seutas tali atau benang nilon. Lalu, di bagian tengah tali terdapat sebuah cincin yang berfungsi sebagai pegangan untuk menggerakan kedua bandulan tersebut.

Cara kerja permainan lato-lato adalah dengan membenturkan kedua bandulan tersebut sehingga menimbulkan suara konstan beruntun ‘tek-tek-tek’. Dalam hal ini, kelihaian seseorang dalam memainkan permainan tersebut dilihat ketika orang tersebut dapat mempercepat benturan kedua bandulan dalam posisi stabil.

Sejatinya lato-lato adalah permainan yang berasal dari Argentina. Permainan tersebut berasal dari kata bolas atau boleadora yaitu alat berburu primitif yang dibuat untuk menangkap hewan dengan menjerat kaki atau sayap mereka. Lato-lato menjadi senjata paling terkenal yang digunakan oleh pemburu atau gaucho di Amerika Selatan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut