get app
inews
Aa Read Next : Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Bersenjata Lengkap, Marinir Gelar Operasi Penyeberangan Sungai

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:37 WIB
header img
Marinir bersenjata lengkap melaksakan operasi penyeberangan sungai. Foto-foto/Kopda Mar Moch Ainul Yakin

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir bersenjata lengkap melaksakan operasi penyeberangan sungai. Kegiatan yang dilaksanakan di Yonif 1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (17/1/2023) ini merupakan materi untuk memperdalam latihan.

Latihan tersebut guna meningkatkan dan mengasah kemampuan bertempur, karena dalam pertempuran sering kali menjumpai rintangan salah satunya seperti sungai. 

Materi operasi penyeberangan sungai ini disampaikan oleh Perwira Yonif 1 Marinir Letda Marinir Ary Drajat S. 

Menurutnya, pengetahuan materi penyebrangan sungai sangat diperlukan bagi prajurit Yonif 1 Marinir terutama bagi pasukan infanteri.

"Karena dalam pertempuran sering kali kita menjumpai rintangan salah satunya seperti sungai," katanya. 

Termasuk hambatan-hambatan yang akan dihadapi dan bagaimana cara menghadapinya serta bagaimana cara pengemasan barang agar mempermudah pelaksanaan penyeberangannya.

Sementara Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Akhmad Kharis Mukhyiddin, menyampaikan bahwa dalam materi operasi penyeberangan sungai, para prajurit baik perorangan, regu maupun peleton diajarkan bagaimana caranya agar mampu melaksanakan, merencanakan dan menghadapi setiap dinamika lapangan dalam melaksanakan operasi penyeberangan sungai.

Sebagaimana diketahui, di Indonesia Marinir berfungsi sebagai unit khusus yang berperan sebagai pasukan dengan mobilitas tinggi untuk menyerbu garis pertahanan lawan atau merebut daerah kekuasaan lawan.

Tugas utama Korps Marinir yakni sebagai pasukan pendarat, pasukan yang menyerang dari laut ke darat. Mereka dibekali beberapa pelatihan militer lintas matra untuk menunjang penugasan khusus.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut