get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati, Timnas Indonesia Pernah Tumbang dari Brunei Darussalam, Ini Prediksi Susunan Pemain

Bungkam Malaysia 4-1, Timnas Garuda Melenggang ke Semifinal Piala AFF 2020

Minggu, 19 Desember 2021 | 21:57 WIB
header img
Selebrasi pesepakbola Indonesia Pratama Arhan (kanan) dan Irfan Jaya usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan terakhir Grub B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). (Foto: PSSI)

SINGAPURA, iNews.id - Bertanding di National Stadium, Kalang, Singapura Minggu (19/12/2021) malam pukul 19.30 WIB, pasukan Shin Tae-Young melanjutkan pertandingan pada laga pamungkas Grub B melawan musuh bebuyutannya yaitu Malaysia. 

Duel big match Indonesia vs Malaysia akan menjadi pertaruhan tiket ke semifinal Piala AFF 2020 dan paling disorot karena kedua tim rival tersebut harus saling bunuh demi mengamankan tiket lolos ke semifinal.

Sejak peluit awal ditiup tanda dimulai, pertandingan Indonesia vs Malaysia di fase Grub B berjalan sangat sangat seru. Pertandingan berjalan sangat cepat dengan tempo tinggi dengan jual beli serangan anatar kedua tim. 

Beberapa peluang terjadi di menit-menit awal, hal ini terbukti dengan gol yang didahului oleh Malaysia pada menit ke-13, dicetak oleh Kogeliswaran Raj yang memanfaatkan clearance dari Irfan Jaya yang buruk. 

Tendangan keras bernomor punggung 15 itu menghujam deras gagal diantisipasi Nadeo Arga Winata dan merubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Malaysia.

Tertinggal satu bola membuat anak asuh Shin Tae-Young bermain lebih berani dan terbuka untuk melancarkan serangan-serangan ke pertahanan Malaysia. 

Usaha Indonesia menyamakan kedudukan pada menit ke-23 belum membuahkan hasil. Tendangan Witan Sulaeman lemah mengarah ke gawang Malaysia. 

Hingga menit ke-35 Indonesia belum bisa menembus pertahanan Malaysia dan belum mampu memciptakan peluang yang berbahaya. Bahkan gawang Indonesia sempat terancam oleh tendangan lob Muhammad Syafiq yang melebar,

Memasuki menit ke-36 pergerakan bagus pemain Indonesia di kotak penalti berhasil membuat gol dan bisa menyamakan kedudukan menjadi skor 1-1. 

Dumy Ricky Kambuaya membuat Witan Sulaeman mempunyai ruang untuk mengirim umpan Tarik. Irfan Jaya menyelesaikan peluang itu dengan sangat sempurna. 

Bahkan pada pada menit ke-40 Indonesia mendapatkan percobaan dari Pratama Arhan namun masih tepat dipelukan kiper Malaysia yaitu Khairul Fahmi.

Pada menit ke-43 Indonesia berhasil menambah gol lagi. Irfan Jaya berhasil menebus kesalahannya yang mengakibatkan gawang Indonesia kebobolan dengan menggandakan keunggulan, meneruskan bola tendangan Pratama Arhan yang memantul dan merubah skor 2-1 untuk untuk keunggulan Indonesia. 

Malaysia nyaris kebobolan lagi di menit-menit akhir babak pertama namun bola masih membentur mistar gawang. Hingga peluit wasit dibunyikan skor 2-1 mengakhiri pertandingan babak pertama.

Peluit wasit dibunyikan tanda dimulainya babak kedua, baik Indonesia maupun Malaysia tetap bermain dengan tempo tinggi dan saling gantian menyerang. Pada babak kedua ini Indonesia berhasil menambah keunggulan dua bola. 

Dua gol Indonesia dicetak oleh Pratama Arhan pada menit ke-50 dan Elkan Baggot pada menit ke-82 dengan sundulan kepala memanfaatkan tendangan sudut disebelah kanan gawang Malaysia.

Hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan skor tidak berubah tetap 4-1 untuk keunggulan Indonesia. Dengan kemenangan ini mengukuhkan posisi Indonesia dipuncak klasemen Grub B dan menjadi juara grup dengan poin 10. 

Poin Indonesia sama dengan Vietnam akan tetapi unggul produktivitas gol dari Vietnam. Sekaligus meloloskan Indonesia ke semifinal dan di partai semifinal Indonesia sudah ditunggu Singapura, pertandingan leg 1 akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2021.


Susunan Pemain

Indonesia:  

1. Nadeo Agrawinata, 12 Pratama Arhan, 14 Asnawi Mangkualam, 28 Alfeandra Dewangga, 19 Fachruddin Ariyanto, 13 Rachmat Irianto, 15 Ricky Kambuaya, 8 Witan Sulaeman, 20 Ramai Rumaikiek, 25 Irfan Jaya, 7 Ezra Walian

Malaysia:  

21 Khairul Fahmi, 2 Dion Cools, 4 Muhammad Syami, 5 Putera Nadher Amarhan, 15 Mohd Rizal, 8 Baddrol, 13 Arif Aiman, 15 Kogeliswaran Raj, 24 Mohamad Faizal, 20 Muhammad Syafiq, 11 Dafawi Rasid


(Penulis :  Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut