get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Fotografi Bisa Jadi Cuan, Simak Tips dari Novi Kurniawan

Fotografer Muda Ciphoc Unitomo Tuangkan Ide Dalam Bingkai Foto Ambisi Berkarya

Selasa, 31 Januari 2023 | 19:21 WIB
header img
Karya-karya bertajuk 'Ambisi Berkarya' atau Ambyar bisa dilihat sepanjang selasar kampus Unitomo mulai tanggal 30 Januari hingga 4 Februari 2023. Foto/Ciphoc for iNewsSurabaya.id

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sejumlah fotografer muda dari Communication Photography Club (CIPHOC) Universitas Dr. Soetomo Surabaya menuangkan ide dalam bingkai foto. Berbagai ide kreatif mereka visualisasikan dengan apik.

Karya-karya bertajuk 'Ambisi Berkarya' atau Ambyar tersebut bisa dilihat sepanjang selasar kampus Unitomo mulai tanggal 30 Januari hingga 4 Februari 2023.

Ketua Pelaksana, M Rifaldy Kotawasi mengatakan, beragam foto yang dipajang merupakan karya tiga Anggota Muda CIPHOC angkatan 28. Karya foto diproduksi menggunakan teknik dasar fotografi. Hal itu mencerminkan bahwa para pameran sendiri baru saja memulai langkah awal masuk ke dunia fotografi.

"Pameran dasar fotografi yang bertemakan “AMBYAR” ini menyajikan berbagai ide kreatif dari masing-masing pameris yang dituangkan dalam fotografi dengan menggunakan teknik dasar fotografi," kata dia.

Kata dia, tajuk kali ini merupakan representasi semangat yang membara dari masing-masing individu. Dengan menuangkan ide, serta merespon realita yang ada sehingga menjadi mahakarya. 


Rektor Unitomo Siti Marwiyah mengunjungi pameran foto perdana anggota muda Ciphoc, di Selasar kampus Untitomo Surabaya. Foto/Ciphoc

 

Ketiga pameris, yakni M Rifaldy Kotawasi, Joko Frastiyo dan Satria Ammar Fayadh, menawarkan visual yang cukup unik. Ada yang memotret wajah tokoh nasional Dr. Soetomo dengan cara yang tidak biasa. Wajah pendiri Budi Utomo organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia itu tamapak berada didalam gelembung air.

Kemudian ada juga yang merespon fenomena kecanggihan tekonologi informasi. Karya ini seolah menyindir bahwa masyarakat begitu tergantungnya pada gawai. Pameris menvisualkan tangan seseorang memegang gawai dengan diikat tali. Gawai atau smartphne menunjukkan laman beberapa sosial media. 


Pelajar SMA melihat karya angkatan muda Ciphoc yang di pamerakan di selasar kampus Unitomo. Foto/Ciphoc

 

Rifaldy menambahkan, semua foto yang ditampilkan pada pameran kali ini tak lepas dari komposisi dan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari selama pendidikan dan latihan dasar. Dalam prosesnya, angkatan muda dibebaskan memotret apapun tanpa menghilangkan makna dalam foto.

Menurut Wakil rektor III Universitas Dr. Soetomo, Sucipto, karya-karya angkatan muda Ciphoc tidak kalah dengan angkatan sebelumnya. Setiap pameran, UKM Ciphoc cukup sukses menunjukan karya yang luar biasa.

"Saya sangat mengapresiasi hasil karya dari UKM Ciphoc. Mereka menunjukan karya yang luar biasa. Walaupun masih Pameran Dasar, tapi karyanya sangat menarik," ucapnya.

Ia berharap, kiprah fotogrfer muda ini tidak berhenti sampai disini. Namun terus berkarya dan mengembangkan kreativitas lewat videografi.  

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut