get app
inews
Aa Read Next : Evelyn Jiang Ciptakan Harmoni Antar Budaya dengan Mengadaptasi Lagu Indonesia ke Versi Mandarin

Latih Keberanian dan Kemampuan Tampil Didepan Umum, C3n Chinese Course Gelar Lomba Bahasa Mandarin

Rabu, 01 Februari 2023 | 20:26 WIB
header img
Peserta lomba cerita Bahasa Mandarin dan Catwalk Chinese Costum foto bersama usai acara. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - C3n Chinese Course menggelar lomba cerita Bahasa Mandarin di Citraland Driyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/1/2023). Lomba cerita bagi usia anak-anak ini untuk meningkatkan keberanian murid-murid dalam berekspresi tampil di depan umum.

Koordinator acara sekaligus Owner dari C3n Chinese Course, Zhen Laoshi mengatakan, lomba tersebut sekaligus untuk melatih keberanian dan kemampuan bicara dalam bahasa Chinese.

Menurut Cen, panggilan akrab Zhen Laoshi, meskipun keturunan Tionghoa juga belum tentu bisa bicara bahasa Mandarin dengan fasih. Namun semua orang bisa mahir berbahasa Mandarin, salakan banyak latihan, menjadikan bahasa mandarin sebagi kebiasaan sehari-hari. Termasuk tampil berani dalam lomba cerita dalam Bahasa Mandarin.

"Membutuhkan banyak latihan, kebiasaan dan keberanian, seperti lomba cerita dalam Bahasa Mandarin," katanya.

Wanita yang juga guru Bahasa Mandarin di salah satu Sekolah Internasional di Surabaya Barat ini menuturkan, dalam pembelajaran Bahasa Chinese, secara teori nilai akademik memang diperlukan. Tetapi setiap murid memiliki kemampuan berbeda dalam belajar Bahasa Chinese.

“Kita sebagai pendidik dan orangtua diharapkan bisa menggali bakat yang ada pada anak anak, lalu mencari solusi agar mereka semangat dan tidak menyerah belajar Bahasa Mandarin ini,” ujar pemilik akun @meilianacen ini.

Cen, guru kreatif yang sudah mengajar Bahasa Mandarin lebih dari 19 tahun dan seorang Influencer Surabaya kelahiran Jakarta ini mengatakan, antusias anak-anak dalam mengikuti lomba begitu luar biasa. Hanya persiapan selama 4 hari, mereka cukup lihai dalam menyampaikan cerita dalam bahasa mandarin.

Selain lomba cerita Bahasa Mandarin, juga digelar Catwalk Chinese Costum,” kata Cen yang juga pengurus organisasi guru Bahasa Mandarin di Surabaya.

Keseruan lomba itupun ditutup dengan hasil kemenangan. Keluar sebagai juara 1 (usia 4 – 8 tahun) adalah Clara, juara 2 Richie dan juara 3 Gefanda dari Surabaya European School.

Untuk kategori usia 9 – 12 tahun, juara 1 Priscilia Surabaya European School, juara 2 Megan dari Surabaya European School, dan juara 3 Yolanda Aurel Patricia dari SMPK Karitas 3.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut