get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Arus Mudik, Pemakaian Pertamax Series Naik hingga 26,3%

Masyarakat Dukung Penerapan Uji Coba Full Cycle Program Subsidi Tepat

Selasa, 07 Februari 2023 | 10:55 WIB
header img
Masyarakat mendukung pelaksanaan Program Subsidi Tepat. Foto/Pertamina

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Masyarakat menyambut positif penerapan implementasi secara menyeluruh (Full Cycle) Program Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) yang diujicobakan sejak awal Desember 2022 lalu.

Dengan adanya program ini, penyaluran BBM subsidi, khususnya jenis solar akan lebih tepat sasaran.

Dari pantauan yang dilakukan di beberapa lokasi di Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Mojokerto dan Kabupaten Gresik, warga masyarakat mendukung pelaksanaan Program Subsidi Tepat ini.

Menurut beberapa konsumen yang ditemui di SPBU, dengan adanya program subsidi tepat seperti ini justru memudahkan mereka yang lolos verifikasi untuk mendapatkan BBM bersubsidi sesuai kuota yang sudah ditentukan.

Bahkan untuk pendaftarannya juga dirasa tidak menyulitkan karena sudah ada petugas yang siap membantu.

Dari waktu verifikasi yang disebut membutuhkan waktu hingga 7 hari kerja, sebagian di antaranya sudah mendapatkan QR Code hanya dalam waktu satu hari saja.

Selain helpdesk di SPBU, Pertamina juga membuka booth di Kantor Pertamina yang ada di Jl. Jagir Wonokromo no. 88, Surabaya.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat.

Pelayanan pendaftaran melalui Booth yang dibuka di Kantor Pertamina di Jalan Jagir Wonokromo sejak dilaksanakannya perluasan wliayah Uji Coba Full Cycle Program Subsidi Tepat fase pertama pada tanggal 26 Januari 2023 lalu, mengalami peningkatan jumlah pendaftar yang signifikan.

Semakin banyak pemilik kendaraan berbahan bakar solar yang mendaftar.

Alex, pengemudi truk asal Surabaya mengaku senang bisa dibantu untuk mendaftar dan mendapatkan QR Code untuk kendaraan niaganya.

Di perusahaan bidang distributor tempatnya bekerja ada beberapa kendaraan niaga yang harus segera didaftarkan.

”Kami sebenarnya sudah mencoba mendaftar sendiri tapi ada beberapa yang terkendala saat verifikasi. Karena itu kami senang sekali bisa dibantu di Kantor Pertamina. Sekarang tinggal menunggu verifikasi, katanya sekitar 7 hari kerja tapi juga bisa lebih cepat,” tutur Alex.

Sementara Ismail, pengemudi MPU (Mobil Penumpang Umum) jurusan Surabaya-Mojokerto menyambut baik kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan konsumsi solar subsidi.

Dengan proses verifikasi tersebut diharapkan penyaluran BBM subsidi bisa dinikmati oleh mereka yang benar-benar berhak.

Namun, Ismail memberikan saran agar booth pendaftaran bisa dibuka di lebih banyak lokasi.

”Saya berharapnya Pertamina bisa jemput bola, misalnya ke terminal. Karena banyak dari teman-teman saya yang gaptek, tidak tahu caranya mendaftar sementara di SPBU kadang mengantri kalau mendaftar. Sedangkan kami terburu-buru juga,” kata Ismail.

Di wilayah Jawa Timur dan Bali, hingga 2 Februari 2023, Pertamina Patra Niaga region Jatimbalinus mulai menjalankan fase kedua yang meliputi 39 kabupaten/kota di Jatim dan Bali.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut