get app
inews
Aa Read Next : PT PAL Indonesia Luncurkan Pembangkit Listrik Terapung Berkapasitas 60 MW

Kapal Cepat Rudal 60M ke-6 Sukses Hancurkan Target dalam Live Firing Test

Rabu, 15 Februari 2023 | 17:48 WIB
header img
Kapal Cepat Rudal (KCR) 60M menghancurkan target dalam Live Firing Test (LFT) di perairan utara Surabaya. Foto/Dok PT PAL

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kapal Cepat Rudal (KCR) 60M ke-6 sukses menghancurkan target dalam Live Firing Test (LFT) di perairan utara Surabaya.

Rangkaian pengujian ini diawali dengan uji blast kekuatan pondasi yang bertujuan untuk menginspeksi performa ship unit dan own unit serta kelengkapan senjatanya. 

Selanjutnya, uji tembak sasaran udara dilaksanakan dengan melibatkan pesawat tanpa awak dan dilanjutkan dengan Live Firing Test (LFT).
 
Live Firing Test (LFT) bertujuan untuk mendemonstrasikan kemampuan dari Combat Management System (CMS) dan software C-Fire Control System dilengkapi dengan meriam Bofors 57mm Mk3 pada Kapal KCR ke-6. 

Prosedur tes ini berfokus pada skenario demo kemampuan penembakan meriam utama pada combat system Kapal KCR ke-6, dimana akan menunjukkan proses penembakan surface target.

Live Firing Test (LFT) sukses dilaksanakan dengan control terintegrasi pada sistem Pusat Informasi tempur yang sudah terinstal pada KCR ke-6. 

Test LFT KCR ke-6 dinyatakan sukses dan memenuhi persyaratan yang diberikan dalam melakukan penembakan permukaan dengan surface target yang telah disiapkan. Sedangkan tracking dan penembakan di udara dengan air target menggunakan pesawat Baron T-2602

COO PT PAL Indonesia Iqbal Fikri mengatakan, Kapal Cepat Rudal (KCR) 60M yang merupakan besutan PT PAL Indonesia. Kapal perang yang akan diberi nama Panah-626 ini mengusung senjata utama berupa meriam Bofors 57mm Mk3 yang telah mengadopsi sistem penembak otomatis. 

KCR Panah-626 sebelumnya telah sukses melalui pengujian performa kapal, dengan menuai hasil kecepatan rata-rata melebihi yang disyaratkan dalam kontrak, pada saat Sea Acceptance Test (SAT). Dan kini, senjata utama KCR Panah-626 turut berhasil melalui rangkaian uji persenjataan.

“Proven design & capability PAL terkait KCR telah teruji sehingga pada kesempatan ini kita buktikan tidak hanya mampu membangun kapal cepat secara konstruksi atau platform saja, akan tetapi kemampuan mengintegrasikan senjata secara utuh yang menjadi pengalaman teruji dari PAL. Kami memastikan bahwa produk-produk PT PAL, akan memiliki kualitas tinggi, dan memudahkan TNI AL dalam menjalankan fungsi operasinya dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia," kata Iqbal Fikri 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut