get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Kuliah Gratis di IT Telkom Surabaya, Ini Syarat yang Dibutuhkan

Selasa, 21 Februari 2023 | 12:15 WIB
header img
Kampus IT Telkom Surabaya membuak beasiswa gratis untuk SMA/SMK/MA sederajat dilakukan untuk siswa. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kampus IT Telkom menggelar gebrakan di tahun ajaran baru mendatang. Kampus milik BUMN ini memberikan beasiswa gratis untuk siswa SMA/SMK/MA dan sederajat hingga lulus pendidikan. 

Program ini bernama Beasiswa Keagamaan, yaitu beasiswa yang diperuntukan bagi siswa dan siswi kelas XII baik SMA/SMK/atau sederajat yang lulus maksimal tahun 2021 dan memiliki prestasi keagamaan atau aktif pada kepengurusan kerohanian baik untuk pemeluk agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha maupun Konghucu.

Kepala Bagian Admisi, Wahyu Andy Prastyabudi, S.Kom., M.Sc., menjelaskan, Seleksi program beasiswa keagamaan tahun 2023/2024 IT Telkom Surabaya kembali dibuka.“Periode pendaftaran dibuka sejak 15 Februari sampai dengan 7 April 2023. Kemudian seleksi wawancara dilaksanakan pada 12 April 2023 dan pengumuman di tanggal 14 April 2023,” katanya. 

Sesuai dengan peraturan pemerintah no. 57 tahun 2021 mengenai standar nasional pendidikan bahwa peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia merupakan hal yang penting. Sehingga diharapkan melalui beasiswa ini akan banyak pemuda pemudi Indonesia yang tidak hanya pintar secara akademis namun juga memiliki akhlak yang mulia.Ujarnya.

“Beasiswa ini bersifat parsial hingga penuh. Penerima akan mendapatkan bantuan biaya uang pangkal (UP3 dan SDP2) dan Biaya Pendidikan Semester (BPP) pada Semester 1-8 (S1)” tambah Andy, (20/02/2023) di aula kampus IT Telkom Surabaya.

Acaranya ini dihadiri perwakilan Kementerian Agama Kota Surabaya serta sejumlah guru BK dari berbagai wilayah di Jawa Timur ini. Para peserta sangat antusias bertanya, salah satunya Ibu Isna dari SMA Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo menanyakan mengenai syarat nilai rapot serta batas persyaratan penerimaan berdasarkan IPK.

“Sebagaimana dijelaskan sebelumnya mengenai evaluasi bagi penerima dengan melihat IPK per semester, apakah ada batas minimal IPK jika ada pengurangan beasiswa yang masuk pada jenis parsial serta bagaimana dengan batas nilai rata-rata rapot jika ingin mendaftar?” paparnya. 

Sementara itu, Agoes Windarto S.T., M.M., selaku Wakil Rektor 3 menambahkan, batasnya adalah IPK minimal 3,5 dimana mereka yang di bawah itu besaran beasiswanya akan disesuaikan dan apabila semester selanjutnya berhasil naik maka beasiswa akan diberikan kembali. 

"Pada dasarnya,beasiswa tidak akan dicabut apabila tidak melebihi waktu kuliah normal yakni 4 tahun," katanya. 

Untuk nilai rapot sendiri dilihat dari semester 1-4 yakni minimal rata-rata 75 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Saat ini IT Telkom Surabaya membuka kuota 20 orang penerima kuota beasiswa keagamaan sendiri. Selain beasiswa ini, ada beberapa beasiswa lainnya yang ditawarkan oleh ITTelkom Surabaya seperti beasiswa APERTI, OPES (parsial dan full), dan KIP-K.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut