get app
inews
Aa Read Next : Tim SAR Gabungan Cari Korban Perahu Terbalik di Perairan Pamekasan

GNTI Pastikan Wujudkan Kedaulatan Pangan Bersama Petani dan Nelayan

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:12 WIB
header img
GNTI mendorong pemerintah dan swasta untuk memastikan bahwa Indonesia akan berdaulat dibidang pangan. Foto/Istimewa

PEKANBARU, iNewsSurabaya.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), Prof Dr Ir Rokhimin Dahuri MS menegaskan organisasi yang dipimpinnya akan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

"Kami ingin mendorong pemerintah dan swasta untuk memastikan bahwa Indonesia akan berdaulat dibidang pangan,” kata Rokhmin dalam sambutannya usai melantik pengurus PW GNTI Provinsi Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (16/3/2023).

Mantan menteri perikanan dan kelautan itu menegaskan, bahwa mewujudkan kedaulatan pangan sangatlah penting.

Terlebih di era perubahan iklim global, dimana produksi pertanian pangan di seluruh dunia sangat fluktuatif dan suasana geopolitik yang meruncing seringkali menjadi rantai suplay yang kita rasakan bersama.

“Maka, amanah dari ketua umum Megawati melalui saya melantik saudari sebagai ketua GNTI Riau merupakan amanah yang sangat mulia, dan saya yakin ibu Dewi dengan networking, kapatibilitas dan kemampuan akan bsia memenuhi tiga tujuan utama dari GNTI Pusat,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan-RI 2001 – 2004 itu.

Rokhmin Dahuri mengungkapkan, ada empat alasan didirikan GNTI. Pertama, fakta empiris pangan itu merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat menentukan kecerdasan, juga kualitas SDM itu sendiri.

Kedua, lanjutnya, Indonesia memiliki potensi pertanian, kelautan, perikanan dan kehutanan terbesar di dunia.  

“Jadi, Indonesia merupakan comparative of country yang bisa kita konversi menjadi keunggulan kompetitif bangsa,” sebut  Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan - IPB University itu.

Alasan ketiga, bahwa sumbangan sektor ini ternyata sampai sekarang cukup besar, yaitu 20% terhadap produk domestic bruto, dan serapan tenaga kerjanya masih sekitar 36%.

Namun yang terakhir dan menjadi  alasan keempat yang paling utama adalah mewujudkan kedaulatan pangan serta mensejaterhakan para mayoritas buruh tani, peternak, dan nelayan yang hingga kini masih miskin.

"Dengan keempat asbabun nuzul itu, maka Ibu Megawati pada 17 April 2013 mendirikan organisasi GNTI yang kebetulah saya diberi amanah menjadi ketua umumnya,” katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut