get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Kiai Kampung Rejo Semut Ireng Sragen Gelar Konsolidasi di PPTQ Kiai Abdul Jalil

Tarung Bebas Warnai Harlah Pagar Nusa Pesantren Zainul Hasan Genggong

Minggu, 02 Januari 2022 | 21:27 WIB
header img
Pagar Nusa Komisariat Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar harlah ke-36 di halaman P5 Pesantren Zainul Hasan Genggong.(Foto : iNewsSurabaya/didin)

PROBOLINGGO, iNews.id - Pagar Nusa Komisariat Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar harlah ke-36 di halaman P5 Pesantren Zainul Hasan Genggong, Minggu (2/1/2021). Event kali ini menunjukan aktraksi para pendekar memamerkan kepandaian silat dengan tarung bebas.

Acara ini dilakukan untuk memperingati Harlah Pagar Nusa ke-36, diawali dengan pelaksanaan apel bersama dihadiri oleh Forkopimda setempat, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni, dan atraksi debus ditutup dengan pertandingan tarung bebas. Komisariat Genggong membawahi 33 perguruan dengan jumlah total pendekar sekitar 4 ribu lebih dan saat ini hanya perwakilan dari beberapa perguruan.

Ketua Pagar Nusa Komisariat Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Mohammad Harris Damanhuri mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk penguatan semangat dan mengingatkan kembali pada para pendekar terhadap perjuangan para leluhur. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingat bagaimana Pagar Nusa ini dibentuk di dalam penjagaan Nusa dan bangsa khususnya kepada poro kiai," katanya.

Gus Harris sapaan akrab KH. Mohammad Harris Damanhuri menerangkan, para pendekar dibawah naungan Nahdlatul Ulama ini harus belajar lagi berhitmad kepada kiai, pesantren utamanya kepada Nusa dan bangsa. "Pantang menantang, tak surut bila ditantang. Itu prinsip pagar nusa kami,” ujar dia.

Harlah ke-36 ini ditutup dengan pertandingan tarung bebas profesional 10 partai dari berbagai perguruan dibawah naungan Komisariat Pagar Nusa Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut