get app
inews
Aa Read Next : Penjelasan Chip dalam Otak Inovasi Elon Musk

Talenta Digital di Indonesia Masih Langka

Senin, 03 Januari 2022 | 12:59 WIB
header img
Indonesia harus menciptakan tenaga kerja digital sebanyak 9 juta orang sampai tahun 2030. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Di era digital ini, Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan digital skills gap. Salah satunya adalah kebutuhan tenaga kerja di bidang digital yang masih belum terpenuhi. 

Berdasarkan data dari Bank Dunia tahun 2016, Indonesia mengalami kekurangan tenaga kerja semi terampil dan terampil sejumlah 600ribu orang setiap tahun. 

Artinya, Indonesia harus menciptakan tenaga kerja digital sebanyak 9 juta orang sampai tahun 2030. 

CEO Refactory, Taufan Aditya mengatakan belum banyak inisiatif strategis untuk menumbuhkan dan mengembangkan talenta digital di Indonesia. 

Satu perubahan di pendidikan tinggi yang telah dilakukan, yaitu program Kampus Merdeka bisa menjadi satu inisiasi yang menjanjikan karena penekanan mahasiswa untuk lebih aktif di luar kampus. Sehingga mahasiswa yang tertarik di bidang digital, bisa lebih mengembangkan dirinya di luar kampus.

“Orang Indonesia sebenarnya sudah kreatif dan terbiasa memecahkan masalah. Kita juga pekerja keras. Tapi satu hal yang penting namun kurang dikuasai oleh orang Indonesia adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris sepertinya keahlian kecil tapi sangat penting karena termasuk satu skill krusial dalam penguasaan skill lain, termasuk keterampilan digital,” terangnya.

Ia menambahkan, kebanyakan pimpinan perusahaan teknologi juga hanya fokus pada pertumbuhan bisnis. Sementara, tenaga penggerak utama sudah tidak tersedia dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Perlunya kesadaran dan kemauan perusahaan untuk pemupukan talenta. 

“Perusahaan akan mengalami kesulitan jika tidak memiliki kemampuan pemupukan talenta internal,” ujarnya.

Pemupukan talenta internal bisa dilakukan dengan mengadakan Learning Day seperti yang diterapkan secara rutin oleh Niagahoster

Pada Learning Day, Niagahoster memberi kesempatan para karyawan untuk meningkatkan skill mereka selama satu hari penuh dengan mengikuti online course, membaca buku, mendiskusikan suatu topik bersama rekan kerja yang lain, atau dengan berbagai pilihan kegiatan lain. 

Kegiatan ini juga sebagai implementasi salah satu value di Niagahoster, yaitu Learn and Be Curious.

Taufan melanjutkan, memang tidak mudah untuk merumuskan solusi mengatasi kelangkaan talenta digital di Indonesia. Inisiatif pemerintah yang strategis harus didorong dengan policy yang terarah, sehingga bisa menciptakan surplus tenaga produktif, termasuk di bidang digital.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut