get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Refly Harun Bongkar Rekayasa Curang Lembaga Survei, Ada yang Dibayar hingga Rp100 Miliar

Minggu, 16 April 2023 | 19:55 WIB
header img
Pengamat Politik Refly Harun Bongkar Rekayasa Curang Lembaga Survei, Ada yang Dibayar hingga Ratusan Miliar. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Survei menjadi perhatian khusus, karena hasilnya terkadang hanya memenuhi apa yang disukai pemesan. Ahli hukum tata negara dan pengamat politik, Refly Harun memberikan kritik pada lembaga survei.

Kritikan tersebut dia sampaikan lewat akun You Tubenya, Refly Harun. Dengan judul : Terbongkar!Cara Lembaga Survey Main Rekayasa, Ketahuan, Ngacir!!!

Refly Harun membuat video tersebut setelah melihat pengakuan dari ekonom atau pengamat ekonomi Yanuar Rizky yang tak sengaja jadi sasaran responden dari lembaga survei. Lembaga survei itu kata dia juga merupakan salah satu lembaga survei teratas dan berpengaruh di Indonesia. Namun tak sampai disebutkan namanya.

“Pengamat ekonomi tahu betul bagaimana itu, untuk pertanyaan menguntungkan calon tertentu atau tak menguntungkan calon lain,” ujarnya.

Menurut dia saat ini lembaga survei tersebut kepentok karena yang disurvei Yanuar Rizky seorang ekonom. Pengamat ekonomi yang faham betul.

“Maka jangan heran kalau misal si A tak pernah kampanye di luar. Tak pernah terbukti mampu melakukan mobilisasi massa atau partisipasi tetapi survei selalu baik,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut