get app
inews
Aa Read Next : BSN Terus Genjot UMK Raih SNI

Agar Mudik Aman, Ingat SNI!

Selasa, 18 April 2023 | 14:05 WIB
header img
BSN menghimbau agar masyarakat selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan. Foto/BSN

Agar perjalanan semakin nyaman, Kukuh juga menyarankan agar pemudik menyiapkan fisik dan kesehatan yang baik sebelum melakukan perjalanan mudik. 

“Bagi yang mudik pada bulan Ramadhan, pastikan sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang sehat. Jika mengkonsumsi biskuit dan air mineral dalam kemasan, pastikan produknya ber-SNI,” tambahnya.

Juga agar selama di kampung halaman, hati dan pikiran tidak merasa was was, rumah yang ditinggal dipastikan aman dari bahaya kebakaran seperti lupa mematikan kompor atau listrik.

“Mumpung masih ada waktu sebelum mudik, pastikan produk dan instalasi kelistrikan yang digunakan sudah sesuai SNI. Masyarakat dapat berkonsultasi dengan pihak yang berwenang seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara), terkait dengan instalasi kelistrikan di rumah,” ujar Kukuh.

Kukuh mengingatkan hal ini mengingat banyak kasus kebakaran seperti mengutip data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta yang mencatat selama Ramadan tahun 2023 telah terjadi 94 kasus kebakaran. Dari jumlah tersebut, korsleting listrik menjadi dugaan penyebab kebakaran tertinggi dengan jumlah kejadian sebanyak 59 kejadian.

“Kita sering mendengar berita musibah kebakaran, yang disinyalir salah satu penyebabnya adalah korsleting listrik. Untuk itu, mari kita gunakan alat kelistrikan yang sudah ber-SNI. Misalnya kabel listrik, saklar lampu, hingga lampu bohlam. Kemudian, sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk melepas alat listrik dari stop kontak,” jelasnya.

“Momentum mudik juga sekaligus pengingat kita semua untuk selalu menggunakan produk yang aman ber-SNI. Baik kita pribadi maupun pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kenyamanan perjalanan mudik dan lebaran,” pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut