get app
inews
Aa Read Next : Trans Jatim Koridor V Diluncurkan, Bank Jatim Berikan Kemudahan Akses Perbankan

Dishub Jatim Pastikan 8000 Armada Bus di Jatim Layak Jalan

Rabu, 19 April 2023 | 19:32 WIB
header img
Calon penumpang mengantri masuk bus di Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) memastikan seluruh armada bus di wilayahnya sudah siap jalan. Pasalnya, semua armada telah dilakukan ram check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin.

Kepala Dishub Jatim, Nyono mengatakan, semua armada sudah diperiksa oleh petugas dishub provinsi maupun kabupaten/kota. Sebelum musim mudik, Nyono mengakui menemukan sejumlah bus yang tidak layak jalan. 

"Ada sekitar 15 persen (tidak layak) dari total yang diperiksa. Saat ini 8.000 bus dinyatakan layak," katanya, saat ditemui di Jalan A. Yani Surabaya, Rabu (19/4/2023).

Menurut Nyono, bus yang tidak layak itu nantinya tidak mendapatkan penanda berupa stiker. Dishub akan mengeluarkan rekomendasi kepada Perusahaan Otobus (PO) agar mengganti atau menarik armadanya yang tak layak. 

"Tema mudik kali ini, aman, nyaman dan berkesan. Kita pastikan arus mudik kali ini armada aman, sopir harus aman," imbuh Nyono.

Terkait kondisi jalan, Nyono menyatakan, untuk jalan nasional saat ini kesiapannya mencapai 97 persen. Sementara untuk jalan provinsi, kesiapannya sekitar 89 persen. 

"Kita harus hati-hati tetap mematuhi aturan lalu lintas yang ada, tertib berlalu lintas, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Harus pastikan kondisi fit, kalau lelah dan ngantuk istirahat," terangnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut