get app
inews
Aa Read Next : Silaturahim Kebangsaan, PKS Jatim Bangun Komunikasi Politik dengan Gerindra Menyongsong Pilkada

Daftarkan 120 Bacaleg, PAN Jatim Targetkan Rebut Kursi di Setiap Dapil

Sabtu, 13 Mei 2023 | 11:58 WIB
header img
DPW PAN Jawa Timur (Jatim) mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Jumat (12/5/2023) siang. Foto: MNC Portal/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jawa Timur (Jatim) mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Jumat (12/5/2023) siang. PAN Jatim mengaku siap merebut minimal satu kursi di setiap Dapil dengan komposisi Bacaleg-nya.

Pendaftaran 120 nama Bacaleg untuk DPRD Jatim itu dipimpin langsung oleh Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig. Ia didampingi oleh seluruh pengurus DPW PAN Jatim dan pengasuh Ponpes Sidogiri, KH Fuad Nurhasan.  

“Hari ini, Jumat, 12 Mei 2023, kami pilih untuk mendaftarkan Bacaleg serentak secara nasional, termasuk di setiapkota/kabupaten, karena selain Jumat hari yang penuh berkah, juga karena tanggalnya sesuai dengan nomor urut PAN, 12,” jelas Rizki Sadig. 

Sebelum berangkat ke KPU Jatim, rombongan melakukan shalat Jumat di Musala Al Hasan yang berada di Kantor DPW PAN Jatim, Jalan Darmokali. Kiai Fuad yang mengimami. 

Mereka kemudian berjalan kaki dari kawasan Jalan Jemursari menuju Kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis sejauh kurang lebih 100 meter. Aneka macam atribut PAN menghiasi rombongan ini. Selain beratribut PAN, rombongan laki-laki mengenakan sarung warna biru.  

Beberapa orang tampak dicat sekujur badannya dengan warna biru dan rambut dicukur sedemikian rupa membentuk tulisan ‘PAN’ dan angka 12. Sepanjang perjalanan mereka diiringi alunan musik marawis.  

“Kami ingin momentum pendaftaran Bacaleg ini sebagai ajang berpolitik dengan riang gembira. Bukan politik yang menegangkan dan memisahkan. Tapi beradu gagasan baik untuk  bantu rakyat,” ucap Rizki Sadig.

Rizki menjelaskan PAN Jatim telah siap mengikuti Pemilu 2024 untuk mewujudkan misi besar meraih minimal satu kursi di setiap Dapil. Salah satu alasannya karena sudah memenuhi kebutuhan Bacaleg untuk mengisi kuota 14 daerah pemilihan sesuai aturan Pemilu. 

“Dari kuota 120 Bacaleg untuk DPRD Propinsi, kami sudah penuhi di 14 Dapil, termasuk 30 persen kuota perempuan di semua Dapil,” kata Rizki. 

Bukan sekadar memenuhi kuota, lanjut Rizki, semua Dapil juga telah terisi dengan komposisi Bacaleg dari berbagai kalangan. Mulai tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga milenial yang mencerminkan PAN sebagai partai terbuka, plural dan majemuk. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut