get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

SMA IPIEMS Surabaya Gelar Lomba Baris-Berbaris antar SMP, Hadiahnya Capai Rp112 Juta!

Minggu, 14 Mei 2023 | 18:08 WIB
header img
SMA IPIEMS Surabaya menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Pancasila antar SMP se-Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.idSMA IPIEMS Surabaya menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Pancasila antar SMP se-Jawa Timur. Pemenang lomba akan mendapatkan penghargaan dari sekolah senilai Rp112 juta.

Jumlah uang tersebut bisa dipergunakan pemenang lomba saat masuk sekolah SMA IPIEMS. Masing-masing dari pemenang akan memperoleh sekitar Rp2,5 juta, yang bisa dipergunakan untuk potongan uang gedung hingga SPP sekolah. Kebijakan ini menjadi sangat popular, karena sekolah IPIEMS ingin mencari siswa yang berkualitas.

“Ada sekitar Rp112 juta total hadiah yang kami siapkan untuk pemenang lomba. Saya berharap siswa-siswi SMP bisa memanfaatkan ini,” kata Kepala Sekolah SMA IPIEMS Surabaya, Akhmad Fauzi.

Menurutnya, dalam lomba LKBB Pancasila ini, pesertanya sebanyak 38 tim dengan jumlah 608 orang. Rinciannya sebanyak 30 peserta dari arek SMP SUROBOYO dan 8 peserta dari SMP sekitar Kota Surabaya. Setiap peserta beradu ketangkasan pada Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Pancasila di SMA IPIEMS.

“Peserta harus menunjukkan kerapian dalam baris berbaris, peserta juga menyuguhkan atraksi koreografi yang disertai yel–yel,” ujarnya.

Baris berbaris merupakan suatu metode pembelajaran yang mendasar sebagai pembentukan karakter bagi generasi muda yang disiplin. Patuh dan taat untuk belajar memimpin dan dipimpin, memahami kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan serta tanggung jawab sehingga tercipta profil pelajar Pancasila

Kegiatan ini, ujarnya merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian sosial SMA IPIEMS terhadap pembentukan karakter pemuda arek suroboyo dan sekitarnya. Pembentukan karakter pemuda ini sangatlah penting untuk mempersiapkan kader Bangsa yang berjiwa Pancasila.  “SMA IPIEMS melalui LKBB Pancasila selalu berkomitmen dan konsisten dalam menjaga nilai-nilai Pancasila melalui program kerja yang kami lakukan. Juga merupakan salah satu tanggung jawab moral dalam pembentukan karakter pemuda,” papar Fauzi.

“Generasi muda harus lebih pintar dan cerdas untuk memilah-milah, mana yang baik dan mana yang kurang baik,” papar dia.


SMA IPIEMS Surabaya menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Pancasila antar SMP se-Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/arif

Ketua Panitia LKBB Pancasila, Edo Agus Setiawan mengatakan, dalam LKBB ini tema yang diangkat adalah alat musik tradisional nusantara dengan ornament kearah sana. Menurut dia, untuk penilaian lomba ini ada tiga juri PBB dan dua juri variasi formasi. Untuk unsur PBB diambil 75 persen, 20 persen variasi formasi, dan 5 persen dan juara umum terletak pada penilaian kostum.

“Kalau ada yang sama akan kita lihat penilaian PBB dasar terlebih dulu. Jika PBB dasar lebih besar, maka akan diambil lebih besar. Kalau PBB dasar sama, akan diambil dari variasi formasi, pasti ada yang berbeda,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut