get app
inews
Aa Read Next : Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

KSAL Sebut Prajurit Kesatria Marinir Tidak Pernah Mengenal Kata Tidak Mungkin

Minggu, 21 Mei 2023 | 19:06 WIB
header img
KSAL memimpin Sertijab Dankormar dari Mayor Jenderal TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto kepada Mayor Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah, Minggu (21/5/2023). Foto/Dispen Kormar

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyebut, Prajurit Kesatria Marinir tidak pernah mengenal kata tidak mungkin. Prajurit Kesatria Marinir juga tidak pernah mengenal rasa takut. Selain itu Prajurit Kesatria Marinir penuh dengan semangat pengabdian yang tulus bagi bangsa dan negara.

"Saat negara dan bangsa ini membutuhkan solusi dalam setiap kemustahilan dan kompleksnya ancaman, hanya ada satu kata yang terlintas. Kirim Marinir!", tegasnya usai memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayor Jenderal TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto kepada Mayor Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah, di Lapangan apel Brigif 1 Marinir Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan, Minggu (21/5/2023).

Upacara Sertijab Dankormar dilaksanakan dengan Upacara Militer di bawah pimpinan Komandan Upacara Kolonel Marinir Bob Osianto Siregar, yang sehari-hari menjabat Komandan Brigif 4 Mar / BS. 

Sedangkan untuk kesatuan upacara terdiri dari Kelompok Pataka Korps Marinir, Korsik, Pasukan Upacara 7 Peleton Upacara SSK 1 Bendera Perang, SSK 2 Pasukan Khusus, SSK 3 Pomal, SSY 1 Brigif, SSY 2 Menkav, SSY 3 Menart, SSY 4 Banpur, SSK 4 Lanmar dan Mako Kormar, SSK 5 Kolatmar, RSMC, Yonmarhanlan, SSK PNS, Pok Pataka dan Korsik. Untuk material pendukung BMP-3F, LVT-7 A1, KAPA, PT-76, BTR-50, MLRS VAMPIRE, BVP-2, HOW 122, MER. 35 MM, SEARIDER, RAN IRUP RUBICON, TRUK DURLAP, BTR 4.

Lebih lanjut dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan, bahwa Korps Marinir memiliki peran vital untuk menyelenggarakan operasi amfibi, operasi pertahanan pantai  dan operasi pengamanan pulau terluar strategis. 

Oleh sebab itu, Korps Marinir dituntut  untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan tingkat kesiapsiagaan operasional  yang tinggi.

Muhammad Ali mengungkapkan, kapasitas dan kemampuan Korps Marinir dapat memberikan kontribusi aktif untuk menunjang pencapaian tugas TNI Angkatan Laut secara interoperable dan sinergis dengan unsur SSAT lainnya. 

Guna memastikan pencapaian sasaran tersebut, maka pembangunan kekuatan dan kemampuan Korps Marinir harus dilaksanakan secara berkelanjutan, dan sejalan dengan visi pembangunan TNI Angkatan Laut

“Dalam setiap palagan pengabdian bagi bangsa dan negara sampai dengan saat ini, telah banyak capaian dan prestasi yang diraih oleh Korps Marinir sebagai representasi kekuatan pertahanan matra laut yang selalu dapat dibanggakan,” tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut