get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Jaga Ekosistem Sehat, Nelayan Banyuwangi Lakukan Bersih Pantai

Rabu, 24 Mei 2023 | 14:37 WIB
header img
Nelayan di Banyuwangi melakukan bersih di pinggir pantai untuk menjaga ekosistem laut. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Sukarelawan yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur (Jatim) Dukung Ganjar Pranowo menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Mutiara, Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, Selasa (23/5/2023).

Aksi bersih-bersih diikuti ratusan nelayan yang biasa menjaring ikan dan biota lainnya di perairan Kabupaten Banyuwangi. Mereka kompak membersihkan bekas kemasan makanan, ranting pohon, hingga botol minuman yang berserakan di pantai.

“Bagaimana kami bisa menjaga kebersihan lingkungan hidup. Kami bersih-bersih pantai dari sampah-sampah,” kata Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Pesisir Kabupaten Banyuwangi, Muhammad Fajar Sidik di lokasi.

Menurut Fajar, lingkungan hidup pantai yang bersih memiliki dampak positif terhadap kehidupan masyarakat umum. Khususnya para nelayan yang mencari peruntukkan di wilayah pesisir.

Fajar mengatakan sumber daya hayati di laut yang merupakan sumber penghasilan nelayan juga akan melimpah karena terbebasnya lingkungan hidup dari pencemaran akibat sampah.

“Maka dari itu kami juga mengedukasi nelayan-nelayan tentang lingkungan hidup. Di mana lingkungan hidup itu tentang bagaimana sih menjaga alam di pesisir pantai sebetulnya,” kata Fajar. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut