Tahapan selanjutnya adalah dengan memberikan pelatihan terkait manfaat desain terhadap kemasan produk. Pasalnya, desain sangat berpengaruh terhadap target pasar yang ingin dicapai.
Tahapan keempat yaitu memberikan pendampingan mulai dari produksi atau pengolahan produk hingga pemasarannya. Sedangkan yang terakhir yaitu melakukan evaluasi terkait kelebihan dan kekurangan pada produk dan juga kemasannya.
UC Surabaya Salurkan Dana hIbah Untuk Pendampingan UMKM. Foto iNewsSurabaya/trisna
Hasil penelitian ini telah diseminarkan pada Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SNPM) IV pada tanggal 24 November 2022 dengan tema “Membangun Keberdayaan Masyarakat Melalui Sociopreneurship Berprespektif GEDSI".
"Adapun paper yang dipresentasikan berjudul “Pendampingan Inovasi Produk dan Kemasan UMKM Untuk Memenangkan Persaingan” pada tanggal 24 November 2022 pada pukul 13.00-15.30 WIB secara online melalui Zoom Meeting," pungkasnya.
Editor : Arif Ardliyanto