get app
inews
Aa Read Next : Pantai Malang Selatan Jadi Saksi Penyematan Ratusan Prajurit Baret Ungu

Kekuatan Korps Marinir Bertambah, 462 Prajurit Muda Resmi Sandang Baret Ungu

Sabtu, 27 Mei 2023 | 11:14 WIB
header img
Prajurit muda Korps Marinir yel-yel saat penyematan Baret Ungu, di Pantai Baruna Kondang Iwak Desa Tulungrejo, Dusun Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur, Jumat (26/5/2023). Foto/Dispen Kormar

MALANG, iNewsSurabaya.id - Kekuatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut bertambah. Sebanyak 462 prajurit muda resmi menyandang Baret Ungu.

Bergabungnya prajurit petarung ini ditandai dengan penyematan Baret Ungu oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, di Pantai Baruna Kondang Iwak Desa Tulungrejo, Dusun Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur, Jumat (26/5/2023).

Diringi gemuruh ombak pantai Baruna Malang selatan, pambaretan disematkan kepada 212 Bintara Remaja Angkatan 42 gelombang 1, dan 250 Tamtama Remaja Angkatan 42 gelombang 1 Koprs Marinir.

Para prajurititu sebelumnya telah menempuh pendidikan dasar militer dilanjutkan pendidikan komando dengan berbagai materi mulai dari tahap laut, tahan darat, gerilya lawan gerilya dan terakhir lintas medan dari Banyuwangi ke Surabaya, serta kursus pemantapan Bintara dan Tamtama di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar).

Upacara penyematan baret ungu ini merupakan bagian dari implementasi pembinaan Korps Marinir dari aspek kultural yaitu pembinaan tradisi yang menjunjung nilai-nilai luhur, pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan  dan  kehormatan diri serta kecintaan terhadap Korps.

Rangkaian upacara pembaretan kali ini diawali dengan menyanyikan lagu Mars Korps Marinir, pembacaan Surat Keputusan Dankormar, diperdengarkan pidato Presiden RI Soekarno pada saat penganugerahan Panji KKO AL kepada Korps Komando Angkatan Laut, pembacaan surat pesan terakhir Prajurit KKO AL Usman dan Harun, penyematan baret ungu oleh Inspektur Upacara dan pengucapan Janji Setia oleh seluruh prajurit muda Korps Marinir serta amanat Komandan Korps Marinir.

Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah menyampaikan bahwa penyematan baret ungu merupakan identitas prajurit petarung Korps Marinir TNI Angkatan Laut, sekaligus sebagai pertanda dan titik awal lahirnya prajurit-prajurit muda yang militan dan mempunyai pola pikir dan pola tindak, sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kehormatan sebagai prajurit baret ungu serta siap bertugas di setiap palagan bumi pertiwi.

"Selamat bergabung di Korps Marinir TNI Angkatan Laut, setelah ini kalian akan ditempatkan ditengah-tengah prajurit tangguh, petarung terbaik yang telah syarat dengan pengalaman diberbagai palagan operasi maupun penugasan," ucap Dankormar.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut