get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

DPMPTSP Surabaya Agresif Buatkan NIB Warga, Buka Stan di CFD Taman Bungkul, Masyarakat Senang

Senin, 29 Mei 2023 | 08:38 WIB
header img
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surabaya mendirikan stan saat Car Free Day (CFD) di taman bungkul. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya jemput bola untuk memberikan legalitas usaha ke warganya. Kali ini,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surabaya mendirikan stan saat Car Free Day (CFD) di taman bungkul.

Terobosan ini membuat masyarakat kagum, mereka tidak menyangka Pemkot melalui DPMPTSP turun ditengah masyarakat untuk memberikan perizinan usaha atau NIB. Dalam pembuatan NIB ini, tercatat masyarakat yang memanfaatkan kesempatan ini sebanyak 85 orang. Namun, banyak masyarakat yang melakukan konsultasi perizinan berusaha.

“Jumlah yang konsultasi sangat banyak, mengalir. Yang menegurus NIB dan penambahan KBLI 85 orang,” kata Koordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Surabaya, Erringgo Perkasa di lokasi CFD Taman Bungkul Surabaya.

Erringgo mengatakan, pihaknya sengaja melakukan sosialisasi penerbitan NIB di Taman Bungkul. Untuk menarik masyarakat, tempat pemuatan NIB bernama Pesona Buaya 2023. Lokasi pembuatan di CFD ini untuk melengkapi kegiatan yang selama ini telah dilakukan rutin di kelurahan, kecamatan, dan kampus-kampus yang ada di Kota Surabaya.

“Kita sudah agendakan secara rutin pembuatan NIB di masyarakat. Tim kami turun ke kecamatan, kelurahan setiap Selasa dan Kamis. Kalau di kelurahan kita sehari dua kali,” ujarnya.

Upaya ini sebagai bentuk Pemkot Surabaya memberikan jalan mudah bagi masyarakat memiliki legalitas usaha. Menurut dia, selama ini banyak pemikiran dari masyarakat, untuk membuat NIB atau dulunya dikenal SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) sulit, banyak prosedur yang harus dilalui.

Untuk itu, Pemkot melalui DPMPTSP memberikan kemudahan dalam pembuatannya. Warga Surabaya tidak perlu sungkan untuk membuat perizinan ini. Bahkan di Siola Jalan Tunjungan Surabaya, DPMPTSP mendirikan klinik investasi untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang ingin berusaha.

“Semua kami permudah. Kami juga menyediakan klinik investasi untuk memudahkan masyarakat mengurus perizinan, silahkan datang kami akan melayaninya,” ungkap Erringgo.


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surabaya mendirikan stan saat Car Free Day (CFD) di taman bungkul. Foto iNewsSurabaya/arif

Erringgo menegaskan, Surabaya akan terus berbenah, warganya akan mendapatkan kemudahan dalam berusaha. Tercatat, Surabaya mendapat juara dua dalam usaha mempermudah penertiban NIB, jumlahnya mencapai 57.787. “Kami targetkan pembuatan NIB capai 100 ribu. Saat ini sudah 63.700 NIB, kami sangat yakin mampu memenuhi target itu,” beber dia.

Sementara itu, Risal Asmi pengunjung CFD Taman Bungkul Surabaya mengaku senang dengan terobosan yang dilakukan Pemkot. Menurutnya, cara seperti ini akan mendorong warga untuk memberikan legalitas pada usahanya seperti UMKM maupun usaha-usaha lain.

“Saya senang dengan kebijakan ini. Warga sangat dipermudah dengan pembuatan NIB,” ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut