get app
inews
Aa Read Next : Waduh, Pilot Citilink Ketahuan Selingkuh dengan Pramugari

Dampak Percintaan yang Gagal Sungguh Mengerikan

Selasa, 30 Mei 2023 | 10:44 WIB
header img
Kegagalan dalam percintaan menimbulkan pengalaman negatif, terpukul, reaktif dan kehilangan arah. Foto: Ilustrasi/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dampak percintaan yang gagal ternyata sungguh mengerikan. Kegagalan percitaan atau gagal pacaran banya sebab. Bisa merasa sudak cocok atau perselingkuhan.

Pakar Kesehatan Mental Remaja UNAIR, Tiara Diah Sosialita MPsi Psikolog, menuturan secara psikologis perselingkuhan akan berdampak negatif bagi segala kalangan. Permasalahan cinta yang terjadi secara terang-terangan, berulang, dan dalam waktu yang lama rentan menimbulkan masalah psikologis.
 
“Sangat penting bagi remaja dan orang tua agar peka dan lebih perhatian pada orang yang terlibat masalah percintaan,” tuturnya.
 
Tiara menyebut, faktor pencarian identitas dan pemahaman hubungan sosial pada masa remaja menjadi penyebab utama permasalah percintaan. Remaja menjadi mudah cemas dan tidak stabil secara emosional dalam sosial. Remaja mudah mengalami stres, sehingga kondisi mental menjadi faktor yang signifikan.  

“Remaja masuk fase eksplorasi. Mereka butuh sosok diluar orang tua yang memberikan rasa aman dan mulai tertarik dalam membentuk ikatan emosional yang sehat,” sebutnya. 

Dalam perkembangan kognitif sosial, remaja belajar melalui media pengamatan dan pengalaman. Hal tersebut menjadi penting bagi kehidupan untuk memandang cinta, kesetiaan, dan kepercayaan. 

Dosen Fakultas Psikologi (Fpsi) UNAIR itu mengungkapkan respons kekerasan yang traumatik dapat menimbulkan penurunan kepercayaan dan penilaian terhadap hubungan percintaan di masa depan. Bahkan remaja dapat menilai secara menyeluruh bahwa tidak ada orang yang tulus dalam menjalani sebuah hubungan.

“Perselingkuhan dapat mempengaruhi kondisi remaja. Bagi remaja perlu memastikan kesiapan sebelum memutuskan dalam sebuah hubungan. kalo belum siap, alangkah baiknya menyiapkan diri,” tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut