get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Calon Anggota Komisi Informasi Jatim Ikuti Psikotes, Ini yang Diujikan

Senin, 05 Juni 2023 | 16:31 WIB
header img
Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Jawa Timur masa bakti 2023-2027 menjalani psikotes di Balongsari Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Jawa Timur masa bakti 2023-2027 menjalani psikotes. Proses psikotes ini dilakykan di Gedung Sasana Wiyata Praja, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur, Jl. Balongsari Tama, Tandes Surabaya.

Psikotes ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (5-6/6/2023) ini, merupakan tahap lanjutan bagi calon komisioner atau anggota KI Jatim yang sebelumnya telah melewati tahapan tes seleksi potensi atau ujian tertulis pada awal Mei lalu. Peserta yang mengikuti tahapan psikotes dan dinamika kelompok ini berjumlah 36 orang. 

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, salah satu anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Informasi Jawa Timur, Ainur Rohim, dan Sekretaris BPSDM Jatim, Zainal Muttaqin. 

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan, tahapan psikotes dan dinamika kelompok ini merupakan tahapan inti dari pemilihan calon anggota Komisi Informasi Jawa Timur masa bakti 2023-2027. 

“Kita sudah hampir menyelesaikan tahapan penilaian bagi calon anggota Komisioner Komisi Informasi. Nanti dari Bapak/Ibu semua akan terpilih 15 orang yang akan kami ajukan  kepada Gubernur dan selanjutnya kepada dewan sehingga terpilih lah lima komisioner yang akan menggawangi KI Jatim 2023-2027 nanti,” jelas Sherlita, Senin (5/6). 

Lebih lanjut, Sherlita menerangkan, alasan kegiatan ini diadakan di BPSDM Jatim adalah karena menurutnya BPSDM Jatim sudah terbukti sebagai lembaga yang berkompeten dalam pelaksanaan tahapan psikotes maupun dinamika kelompok seperti ini. 

“Karena di tahapan ini kami ingin agar dilaksanakan oleh lembaga yang mempunyai kapasitas dan kompetensi sehingga prosesnya dapat terjaga. Contohnya, kemarin saat proses seleksi tes tulis CAT, kami menggandeng Badan Kepegawaian Daerah yang memiliki kemampuan teruji. Lalu, hari ini kami juga menggandeng BPSDM Jatim yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang teruji dalam hal psikotes dan dinamika kelompok,” terangnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut