get app
inews
Aa Read Next : BJTI Perluas Area Lapangan Penumpukan Petikemas

Wouw! Aksi Bersih Pantai Pelindo di Pantai Tirang Semarang Kumpulkan 1,7 Ton Sampah

Sabtu, 10 Juni 2023 | 12:28 WIB
header img
Pelindo Group bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan masyarakat, Pelindo membersihkan sampah di Pantai Tirang, Semarang, Sabtu (10/06). Foto iNewsSurabaya/ist

SEMARANG, iNewsSurabaya.id – Langkah cepat mengantisipasi kondisi pantai dilakukan Pelindo Group. Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan masyarakat, Pelindo membersihkan sampah di Pantai Tirang, Semarang, Sabtu (10/06).

Tak main-main, aksi bersih pantai ini menghasilkan 1.758 Kg atau 1,7 ton sampah dari berbagai jenis. Jumlah tersebut terdiri dari 416 Kg sampah organik dan 1.342 Kg sampah anorganik. Aksi tersebut dilakukan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya dalam membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan aksi bersih pantai merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Dia menyebut lingkungan perairan laut lekat dengan perusahaan yang memiliki bidang usaha jasa kepelabuhanan. Bersih pantai yang dilakukan Pelindo Group bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2023 yang mengambil tema "Solusi untuk Polusi Plastik".

"Dari sampah yang berhasil dikumpulkan 75 persennya atau 1.301 Kg adalah sampah plastik. Dari sini kita tahu bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang yang mengakibatkan lingkungan menjadi kotor, salah satunya Pantai Tirang ini," kata Widyaswendra.

Dalam kesempatan tersebut, Pelindo Group melalui program Pelindo Peduli menyerahkan bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Bantuan yang diberikan berupa peralatan pendukung untuk pengelolaan sampah seperti tempat sampah, timbangan sampah, dan peralatan lainnya. Widyaswendra menyebut bahwa program Pelindo Peduli adalah program yang berkesinambungan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut