get app
inews
Aa Read Next : KIP Foundation - Disbudpar Jatim Lakukan Pendampingan Desa Wisata di Madiun

Devina, Finalis Duta Pariwisata Jawa Timur Gaungkan Desa Wisata Jatim

Minggu, 11 Juni 2023 | 00:36 WIB
header img
Devina Helmalia Latiefah (tengah) tampil dalam Grand Final Duta Pariwisata Jatim 2023, Sabtu (10/6/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Devina Helmalia Latiefah, salah satu finalis Duta Pariwisata Jawa Timur 2023 asal Kota Surabaya bakal menggaungkan desa wisata di Jawa Timur. Menurutnya, desa wisata memiliki daya tarik yang cukup unik.

Desa wisata merupakan destinasi pariwisata yang memadukan daya tarik wisata alam dan budaya. Tradisi kehidupan masyarakat desa dan alam berjalan harmoni.

Devina mengatakan, salah satu upayanya untuk mempopulerkan desa wisata adalah dengan memaksimalkan pemasaran lewat dunia digital. Mengingat saat ini digitalisasi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Bahkan juga bisa mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan.

"Saya ingin mempromosikan pariwisata melalui digital. Karena saya yakin, jika promosi lewat digital maka pariwisata Jawa Timur lebih mendunia dan dikenal banyak orang. Bukan hanya dalam negeri tapi hingga ke mancanegara," katanya saat ditemui disela-sela Grand Final Duta Pariwisata Jatim 2023, di Alun-alun Surabaya, Sabtu (10/6/2023).

Sejauh ini Devina mengaku, selama mengikuti Duta Pariwisata Jawa Timur sudah melakukan aksi nyata dalam memperkenalkan dan membudidayakan Pariwisata di daerah, khususnya Jawa Timur ke tingkat nasional sampai mancanegara.

Aksi nyata tersebut diwujudkan melalui program 'Jalan - jalan bareng Lily'. Mahasiswa FH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini kerap memposting video dan informasi mengenai wisata desa setiap kali travelling di akun instagram pribadinya.

"Karena visi tanpa aksi hanyalah fantasi. Dan aksi tanpa visi hanyalah sensasi," tegasnya.

Wanita cantik kelahiran 10 Desember 2003 ini mengakui, bahwa pariwisata Jawa Timur sudah sangat bagus. Namun khusus untuk desa wisata masih perlu digelorakan supaya para traveller juga mengunjunginya. 

"Pariwisata Jawa Timur sudah baik dan beberapa tempat wisata sudah diakusi dunia. Hanya saja terkadang traveller belum mengetahui ada spot-spot wisata di pedesaan," jelasnya.

Di Surabaya, kata Devina, ada spot wisata yang cukup menarik. Yaitu Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Hanya saja, karena terdampak pandemi selama 2 tahun, hutan bakau ini sekarang sepi pengunjung.

Sementara itu Duta Pariwisata Jawa Timur 2022, Jesica Maranatha Virgin berharap para finalis Duta Pariwisata Jawa Timur 2023 bisa menjadi motor penggerak dalam mempopulerkan pariwisata di Jawa Timur.

"Kami akan terus mempromosikan desa wisata yang ada di Jawa Timur. Saya berharap kepada finalis saat ini bisa menjadi penerus yang baik dan juga memiliki tanggungjawan untuk selalu membantu memajukan wisata Jawa Timur," tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut