get app
inews
Aa Read Next : Drama Kriminal hingga Monster Mengerikan, Ini dia Tujuh Rekomendasi Film di Januari 2024!

Sejarah di Ujung Jari, Netflix Jadi Jawaban Edukasi Anak Usia Dini

Senin, 12 Juni 2023 | 21:50 WIB
header img
Netflix merupakan platform streaming populer yang telah muncul sebagai alat efektif dalam mengenalkan sejarah kepada anak-anak. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pendidikan sejarah memiliki peran yang penting dalam membentuk pemahaman dan apresiasi anak-anak terhadap masa lalu. Namun, seringkali sulit untuk menarik minat anak-anak dalam mempelajari sejarah karena mereka lebih tertarik dengan teknologi dan hiburan modern.

Pengamat Komunikasi Sosial, Elis Yusniawati menuturkan saat ini sebenarnya tidak sulit untuk menstimulus anak supaya mau mempelajari sejarah. Menurut dia, justru dengan kehadiran teknologi sangat menguntungkan bagi para orangtua. Banyak saluran yang bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan memaksimalkan platform streaming yang sedang populer, yaitu Netflix.

"Netflix merupakan platform streaming populer yang telah muncul sebagai alat efektif dalam mengenalkan sejarah kepada anak-anak. Disini anak-anak bisa belajar melalui katalog konten, termasuk film sejarah yang dihadirkan dalam sebuah paparan visual menarik dan edukatif," tuturnya.

Berikut ini beberapa hal penting yang didapat ketika memperkenalkan sejarah kepada anak-anak sejak usia dini.

1. Anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang budaya, tradisi, dan peristiwa penting yang membentuk dunia saat ini.

2. Pemahaman sejarah dapat membantu mereka menghargai nilai-nilai, merawat warisan budaya, dan membangun perspektif yang lebih luas tentang dunia.

3. Mempelajari sejarah juga mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan pemecahan masalah pada anak-anak.

Dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) Tulungagung ini menyebut, kelebihan menggunakan Netflix adalah fleksibilitas dan kenyamanan yang ditawarkan. Netflix juga menawarkan berbagai pilihan yang sesuai dengan usia dan minat anak-anak, memastikan mereka tetap tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Beragam konten sejarah dan edukasi juga disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Mulai dari film dokumenter, serial animasi, dan acara televisi, mereka dapat menjelajahi periode sejarah dan peristiwa penting.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut