get app
inews
Aa Read Next : Songsong Indonesia Emas, Dirjen PP Dorong Daerah Untuk Ciptakan Peraturan Yang Berkualitas

Gubernur Khofifah: Peningkatan Kualitas SDM Jadi Kunci Wujudkan Indonesia Emas

Kamis, 22 Juni 2023 | 18:58 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Foto/Humas Prov Jatim

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas angkatan IX, X, XI dan Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan II Pemprov Jatim tahun 2023, di Sasana Wiyata Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Kamis (22/6/2023).

Di depan 180 peserta pelatihan, Gubernur Khofifah memaparkan terkait Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 yang baru diluncurkan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Dikatakan Gubernur Khofifah, goal yang harus dicapai Indonesia di tahun 2045 mendatang adalah mewujudkan SDM yang unggul, yang berbudaya serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Selain itu juga ekonomi negara yang maju dan berkelanjutan, pembangunan yang merata dan inklusif, serta menjadi megara yang demokratis, kuat dan bersih. Untuk mencapai tujuan itu, maka persiapannya harus dilakukan sejak sekarang. 

"Dalam menyiapkan Indonesia Emas harus dimulai dengan meningkatkan kualitas SDM. Kedua kualitas SDM, dan ketiga kembali lagi kualitas SDM. Jadi kualitas SDM adalah kuncinya. Tentu SDM multi profesi dan kualitas secara scientific maupun spiritual " terang Gubernur Khofifah. 

Termasuk di dalamnya, lanjut gubernur perempuan pertama Jatim itu, adalah meningkatkan kualitas SDM dari para aparatur sipil negara, tak terkecuali di Jawa Timur. 

Ditegaskan Khofifah bahwa sejauh ini peningkatan SDM para ASN terus dilakukan melalui berbagai program yang dikomandani oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim. 

Seperti Inovasi Aplikasi Pengembangan Kompetensi Mandiri (Si Bang Kodir) ASN Jatim. Dimana program ini secara khusus digagas untuk meningkatkan pengembangan kompetensi ASN di Jatim secara terukur dan berkesinambungan. 

Selain itu juga ada program ASN Belajar yang mana program ini bisa dimanfaatkan dan diakses oleh ASN  se Indonesia demi meningkatkan wawasan dan kompetensinya. Diketahui, program ASN Belajar dilaksanakan dengan menghadirkan topik-topik terkini, narasumber yang kompeten di bidangnya, dan host profesional.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut