get app
inews
Aa Text
Read Next : Mobil Pikap All New Hilux Rangga Laris Manis, Belum Diluncurkan Sudah Inden Ratusan Unit

Beragam Komentar Penunggang Mitsubishi L300 Euro 4, Pikap Rasa Pajero!

Jum'at, 30 Juni 2023 | 15:17 WIB
header img
Widiyatmoko, penyedia jasa pindahan barang berat bersama Mitsubishi L300 Euro 4. Foto/Ali

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mitsubishi L300 Euro 4 ternyata sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Hadir dengan mesin baru yang sudah dilengkapi turbo dan memenuhi standar emisi Euro 4, pikap legendaris generasi terbaru ini menuai beragam komentar dari penunggangnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Widiyatmoko, penyedia jasa pindahan barang berat. Beberapa waktu lalu terpaksa menjual L300 versi lama. Namun gak lama kemudian membeli L300 Euro 4. Terhitung sudah sekitar 7 bulan unit terbarunya menemani aktifitasnya.

"Karena suatu hal saya jual dan beli L300 lagi," katanya saat ditemui di Pertokoan Gempol 9, Pasuruan, Jumat (30/6/2023).

Ia menyebut L300 Euro 4 ini pikap rasa Pajero. "Mesinnya kan Pajero, seri mesinnya Pajero sudah Euro 4," sebutnya.

Ditanya performa, Moko enggan mengakuinya. "Yang pasi bikin kaki gatal. Pengen cepat sampai apalagi di jalan toll. Dari 2 ke 3 turbonya terasa banget tarikannya, enak," terangnya.

Untuk BBM tidak bisa memastikan berapa liter per hari, karena tergantung jarak tempuh. Namun baginya tidak ada persoalan lantaran sudah bisa membeli BBM subsidi.

Dari beberapa unit pikap yang ada di kantornya, ia lebih memilih menunggangi L300 Euro 4. "Karena biaya operasional lebih murah dan muatan lebih banyak," ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Dwi Nur Khilmi. Penunggang Mitsubishi L300 ini mengaku bahwa New Colt L300 Euro 4 lebih enak ditunggangi jika dibandingkan pikap lain yang setara L300.

"Enak mas. Pokoknya lebih bandel jika dibandingkan dengan pikap lainnya," katanya.

Warga Pasuruan Jawa Timur ini mengaku, berbagai jenis pikep sudah pernah ia pakai. Termasuk L300 versi sebelumnya. Ia menyebut, L300 Euro 4 sangat tangguh. 

"Apalagi diajak nanjak ke pegunungan seperti di Nongko Jajar Pasuruan semuanya pakai L300," ujarnya. 

Dwi mangaku, unitnya biasa dia pakai untuk kirim-kirim barang di wilayah Pasuruan dan sekitarnya. Kapasitas daya angkut juga lebih banyak

"Pokoke L300 ini kelas pikep paling atas lah. Dari sisi ketahanane joss, awet dan bandel," tegasnya.

Dari sisi bahan bakar, karyawan wisata Saygon dan Kebun Kurma Pasuruan ini mengaku lebih hemat karena menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Biosolar.

"Alhamdulillah BBM hemat, kan minumnya solar," ucapnya. Untuk perawatan ia juga tidak bingung karena gak jauh beda dengan L300 generasi lama.

Komentar lainnya datang dari Pujiantoro. Meski unit yang dia pakai bukan miliknya sendiri, namun ia mengakui kehandalan pikap keluaran terbaru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tersebut. 

Beberapa minggu lalu Puji harus mengantarkan Jahe yang baru saja di panen dari petani di Banyuwangi ke gudang. Selama menunggangi sang legendaris L300, dia merasa sangat nyaman. Baik dari sisi tarikan maupuan saat berada di kabin pengemudi.

"Terus terang saya hanya memakai 2 hari, karena pikap yang saya pakai milik juragan. Tapi jujur enak," ungkapnya. Terkait BBM atau yang lainnya, Puji tidak bisa berkomentar lebih jauh. 

Hal senada juga diakui oleh Mardenggan Bagariang. Konsumen Mitsubishi L300 Euro 4 asal Riau, Pekanbaru. Dia mengatakan saat penggunaan turbo yang ada di mesin baru Mitsubishi L300 Euro 4 membuat mobil niaga ringan itu jadi bertenaga. 

"Saya memilih Mitsubishi L300 baru karena tenaganya makin oke sudah dengan turbo," tuturnya.

Mesin itu bahkan dia klaim jauh lebih bertenaga dibanding kompetitor. Selain itu menurutnya mesin yang bertenaga itu justru tidak membuatnya jadi keluar uang lebih untuk konsumsi bahan bakar.

"Rata-rata per hari mobil saya gunakan 10 kilometer jarak tempuhnhya. Saya gunakan untuk mengangkut telur ayam. Saya lihat mobil ini jauh lebih irit bahan bakar," tegasnya. 

Memang tidak dipungkiri, kendaraan niaga Mitsubishi Colt L300 selalu menjadi primadona bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pengguna enggan berpaling dan selalu upgrade demi kelancaran bisnisnya. 

Hal itu diakui oleh Yogesvara (28), petani sekaligus pedagang sayur mayur asal Bromo, Jawa Timur. Konsumen loyal Mitsubishi L300 jenis pick-up ini sudah beberapa bulan ini menjadikan New Colt L300 Euro 4 sebagai partner bisnisnya. Namun, dia juga memiliki generasi yang sebelumnya.

"Setiap hari saya mengangkut hampir 3 ton sayuran dengan medan tanjakan Bromo kombinasi Toll menuju Surabaya," kata Yogesvara saat ditemui di Pasar Keputran Surabaya.

Pikap terbarunya ini selain dapat dipacu lebih kencang, ukuran kargo lebih luas. Sehingga kapasitas angkut sendiri lebih banyak.

"Saya pilih NEW Colt L300 ini karena lebih panjang, jadi muatan lebih banyak," kata Yogesvara.

Sebagaimana diketahui, nama Colt L300 sudah tak asing lagi di konsumen Indonesia, karena sudah dipasarkan sejak tahun 1981 dan menjadi andalan para pengusaha.

Generasi terbaru ini hadir untuk menyempurnakan model sebelumnya yang telah menjadi kendaraan niaga ringan andalan dan partner bisnis legendaris terpercaya konsumen di Indonesia selama lebih dari empat puluh tahun.

New Colt L300 sendiri dibekali 5 keunggulan yang bisa memanjakan konsumen di Indonesia yang dilambangkan dari akronim SUPER.

Yang pertama ada "S" alias Super Strong, dicerminkan lewat mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 99,25 Ps/ 3.500 RPM dan torsi 200 Nm/ 1.000-3.500 RPM sekitar 40% lebih besar dari model sebelumnya.

Kedua ada "U” untuk “Super Untung”, karena  kini hadir dengan ukuran kargo 8% lebih luas, atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm, sehingga daya angkut bisa lebih banyak.

Ketiga “P” untuk “Super mudah dalam Perawatan”, yang diklaim perawatan model NEW Colt L300 sangat mudah dengan jaminan garansi, serta perawatan kendaraan yang dapat dilakukan di lebih dari 300 jaringan bengkel/ diler resmi, dan ketersediaan suku cadang di lebih dari 3.500 outlet suku cadang yang tersedia di seluruh Indonesia.

Keempat “E” untuk “Super Enak dipakai”. Penyegaraan NEW Colt L300 terdapat baik pada sisi interior, tampilan eksterior, dan juga pilihan varian.

Pada sisi interior NEW Colt L300 terdapat pada kabin yang luas dan lega, desain speedometer baru, dan juga pegangan pintu baru, serta posisi speaker yang baru. Pada sisi eksterior NEW Colt L300 mendapatkan penyegaran tampilan dengan desain bumper baru dan juga desain grille baru dengan porsi balutan chrome yang lebih banyak.

Terdapat dua pilihan varian untuk NEW L300 yakni, Pick-up Flat Deck, dan Cab Chassis, yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kesesuaian dan kebutuhan bisnis konsumen.

NEW Colt L300 juga mendapatkan ubahan dengan posisi kabin lebih tinggi 100 mm, yang memberikan rasa aman untuk konsumen dengan visibilitas yang lebih baik.

Terakhir ada “R” untuk “Super Ramah Lingkungan”. NEW Colt L300 dilengkapi dengan mesin diesel 4N14 dengan standar spesifikasi Euro-4 yang menghasilkan emisi lebih ramah lingkungan, dan memastikan konsumsi bahan bakar lebih irit efisien.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut